Wuih... Bakal Ada Dufan Mini di Tol Purbaleunyi

Kompas.com - 03/06/2009, 03:17 WIB
Editor

BANDUNG, KOMPAS.com- PT Jasa Marga akan segera membangun tujuh tempat istirahat (rest area) lagi di sepanjang jalur tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi). Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Benny Soediarto Diadi, Selasa (2/6), di Bandung mengatakan, satu tempat istirahat akan dikembangkan menjadi areal wisata kecil menyerupai dunia fantasi.

Tempat istirahat yang diarahkan menjadi Dufan mini tersebut berada di KM 88. Proses pembangunannya telah memasuki tahapan pelengkapan dokumen. Setelah itu, Jasa Marga segera melakukan tender terbuka. Tempat istirahat seluas 40 hektar yang terletak di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Baerar, itu direncanakan mulai dibangun tahun ini.

"Kami targetkan selesai tahun depan. Rencananya, rest area ini dilengkapi SPBU, tempat ibadah, resto dan café , factoy outlet, serta arena bermain anak. Kami berharap, dengan adanya tempat istirahat luas ini, kemacetan di Kota Bandung bisa dikurangi, karena wisatawan asal Jakarta bisa mendapatkan barang belanjaan yang sama di lokasi tersebut tanpa harus ke Kota Bandung," jelasnya.

Saat ini hanya ada tiga lokasi tempat istirahat di KM 147, di pintu tol Pasteur, dan Sadang. Areal tempat istirahat di Pasteur dan Sadang termasuk tipe B, karena tidak dilengkapi SPBU. Pihak PT Jasamarga berencana membangun tujuh rest area tipe A lengkap dengan fasilitas SPBU, restoran, dan tempat perbelanjaan.

Benny memperkirakan, pada 2010 nanti sudah bisa beroperasi empat TI lainnya, yakni di KM 72 jalur A (arah Bandung), KM 97 jalur B (arah Jakarta), serta KM 88 jalur A dan B.

Menurut dia, rest area di KM 72 dan 97 bisa dibangun mulai tahun ini karena sudah ada investor yang tertarik. Sementara tiga tempat istirahat lain masih dalam tahap pembebasan lahan, yakni di KM 125 jalur B, KM 73 jalur B dan KM 149 jalur B.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.