Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih... Bakal Ada Dufan Mini di Tol Purbaleunyi

Kompas.com - 03/06/2009, 03:17 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- PT Jasa Marga akan segera membangun tujuh tempat istirahat (rest area) lagi di sepanjang jalur tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi). Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Benny Soediarto Diadi, Selasa (2/6), di Bandung mengatakan, satu tempat istirahat akan dikembangkan menjadi areal wisata kecil menyerupai dunia fantasi.

Tempat istirahat yang diarahkan menjadi Dufan mini tersebut berada di KM 88. Proses pembangunannya telah memasuki tahapan pelengkapan dokumen. Setelah itu, Jasa Marga segera melakukan tender terbuka. Tempat istirahat seluas 40 hektar yang terletak di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Baerar, itu direncanakan mulai dibangun tahun ini.

"Kami targetkan selesai tahun depan. Rencananya, rest area ini dilengkapi SPBU, tempat ibadah, resto dan café , factoy outlet, serta arena bermain anak. Kami berharap, dengan adanya tempat istirahat luas ini, kemacetan di Kota Bandung bisa dikurangi, karena wisatawan asal Jakarta bisa mendapatkan barang belanjaan yang sama di lokasi tersebut tanpa harus ke Kota Bandung," jelasnya.

Saat ini hanya ada tiga lokasi tempat istirahat di KM 147, di pintu tol Pasteur, dan Sadang. Areal tempat istirahat di Pasteur dan Sadang termasuk tipe B, karena tidak dilengkapi SPBU. Pihak PT Jasamarga berencana membangun tujuh rest area tipe A lengkap dengan fasilitas SPBU, restoran, dan tempat perbelanjaan.

Benny memperkirakan, pada 2010 nanti sudah bisa beroperasi empat TI lainnya, yakni di KM 72 jalur A (arah Bandung), KM 97 jalur B (arah Jakarta), serta KM 88 jalur A dan B.

Menurut dia, rest area di KM 72 dan 97 bisa dibangun mulai tahun ini karena sudah ada investor yang tertarik. Sementara tiga tempat istirahat lain masih dalam tahap pembebasan lahan, yakni di KM 125 jalur B, KM 73 jalur B dan KM 149 jalur B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com