Memulangkan Suku Rohingya Bukan Solusi Terbaik

Kompas.com - 13/03/2009, 20:29 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengembalikan suku Rohingya ke negara asalnya bukanlah satu-satunya solusi yang tepat. Pendekatan humanis adalah cara yang lebih tepat untuk mencari pemecahan masalah pengungsi tersebut.

Demikian dikatakan Koordinator Indonesia's NGO Coalition for International Human Right Advocacy, Rafendi Djamin, di Jakarta, Jumat (13/3). "Mengembalikan suku Rohingya ke negara asalnya bukanlah tindakan yang terbaik. Apa ada jaminan kalau di negaranya mereka akan lebih baik?" kata Rafendi.

Rafendi menambahkan, masalah pengungsi ini bukan sekadar masalah penyelundupan manusia dan jika pengungsi tersebut ingin dipulangkan maka niat tersebut harus datang dari pengungsi sendiri. "Mereka tidak akan nekat meninggalkan negaranya dan mempertaruhkan nyawa kalau tidak mendapat tekanan yang hebat di negaranya," terang Rafendi.

Untuk menangani masalah ini, pemerintah harus membuka akses bagi UNHCR dalam penanganan suku Rohingya ini. "Hak-hak dasar pengungsi tersebut harus diperhatikan. Bagaimana cara menyelesaikan pengungsi ini juga butuh bantuan dari UNCHR dan bantuan adari LSM dalam dan luar negeri, karena membutuhkan riset yang mendalam," jelas Rafendi.

Sebagai informasi, Rafendi juga menjelaskan bahwa sejak bulan Desember lalu suku Rohingya yang berjumlah sekitar 400 orang mengungsi di daerah Sabang dan Kabupaten Pidi, Aceh.

Suku Rohingya adalah pengungsi dari Myanmar, mereka tidak mempunyai dokumen, dan kebanyakan bertempat tinggal di daerah Banglades atau Myanmar.

"Jadi sebenarnya pemerintah Banglades dan Myanmar juga bertanggung jawab, walaupun tidak mempunyai identitas, suku Rohingya juga tinggal di daerah mereka," tambah Rafendi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.