Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindikasi BPD Ongkosi Proyek Jalan Tol Medan

Kompas.com - 23/02/2009, 19:43 WIB

MEDAN, SENIN — Sindikasi Bank Pembangunan Daerah (BPD) di wilayah barat menyatakan kesiapan mengucurkan dana sebesar Rp 3,8 triliun bagi pembangunan konstruksi jalan tol di Sumatera Utara dari total kebutuhan sebesar Rp 7,53 triliun.

Dana sebesar itu dipakai untuk pembangunan ruas jalan tol Medan-Binjai sepanjang 15,8 kilometer senilai Rp 1,2 triliun dari total kebutuhan Rp 1,58 triliun dan ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 59,5 kilometer senilai Rp 2,6 triliun dari total kebutuhan Rp 5,95 triliun, ujar Direktur Utama Bank Sumut, Gus Irawan Pasaribu, dalam keterangannya yang diterima di Medan, Senin (23/2).
   
Bank Sumut merupakan salah satu anggota sindikasi BPD wilayah barat yang akan mendanai pembangunan jalan tol di daerah itu. Gus Irawan mengatakan kesiapan sindikasi mengucurkan dana bagi pembangunan konstruksi jalan tol di Sumut itu mengemuka pada pertemuan Asosiasi Bank Daerah (Asbanda), beberapa waktu lalu. 

"Di pertemuan itu, kami (Bank Sumut) melemparkan tawaran tentang megaproyek jalan tol di Sumut yang membutuhkan pendanaan dan hasilnya tawaran itu mendapat sinyal positif," katanya.

Menurut dia, kesiapan membantu pendanaan pembangunan konstruksi jalan tol di Sumut itu sudah sampai pada tahap sosialisasi antaranggota Asbanda. Hasilnya para anggota Asbanda merespons positif. "Peluang pendanaannya sangat positif, karena para anggota Asbanda hanya perlu melihat siapa investor yang digandeng Pemprov Sumut dan seperti apa skema pendanaan yang ditawarkan," katanya.

Selain membantu pendanaan konstruksi jalan tol di Sumut, Asbanda dan BPD wilayah barat juga memberikan respons bagi pendanaan pembangunan power plant atau mesin pembangkit instalasi listrik.

Gubernur Sumut H Syamsul Arifin menyambut baik kesiapan sindikasi BPD wilayah barat tersebut, mengingat proses pembangunan jalan tol di Sumut memang sudah diserahkan sepenuhnya kepada Pemprov Sumut. "Karena 100 persen pengelolaan dan pendanaannya sudah diserahkan ke Pemprov Sumut, maka bantuan dana dari Bank Sumut bersama anggota sindikasi BPD wilayah barat bisa ditampung dan memang harus dimanfaatkan secara optimal oleh Pemprov Sumut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com