Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Tuntut Penangguhan Penahanan Serinata

Kompas.com - 31/10/2008, 14:26 WIB

MATARAM, JUMAT - Massa berjumlah seratusan orang berunjuk rasa di Kejaksaan Tinggi NTB di Mataram, Jumat, menuntut penangguhan penahanan mantan Gubernur NTB, Lalu Serinata.
    
"Kami menghargai proses hukum, tetapi kami menuntut agar Kepala Kejaksaan Tinggi menangguhkan penahanan Lalu Srinata karena sudah lima hari mogok makan dan kesehatannya menurun," kata pemimpin massa bernama Nasaruddin Bachtiar.
    
Serinata yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTB ditahan di Kejaksaan Tinggi sejak Senin (27/10) dalam kasus dugaan menyalahgunakan dana APBD 2003 sebesar Rp8 miliar dan dana tidak tersangka APBD 2003 sebesar Rp1 miliar. 
    
Serinata selama ditahan melakukan aksi mogok makan sebagai bentuk protes atas penahanan terhadap dirinya. Nasaruddin Bachtiar yang dikenal sebagai Datuk Pejanggik NTB mengaku menggelar aksi unjuk rasa tersebut sebagai bentuk solidaritas kepada Serinata dan prihatin atas kondisi kesehatan Serinata yang kabarnya menurun karena tidak makan sejak masuk penjara.
    
"Kami siap menjadi jaminan bahwa yang bersangkutan tidak akan melarikan diri ataupun menghilangkan alat bukti maupun mengulangi perbuatannya," katanya. Sejumlah pengunjuk rasa sempat diterima oleh Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi NTB Suyono untuk berdialog.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com