Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Tendang Siswanya Hingga Pingsan

Kompas.com - 22/10/2008, 11:31 WIB

Laporan Wartawan Kompas Agustinus Handoko

SUKABUMI, RABU - Lisnawati, siswa Kelas XII IPA I Sekolah Menengah Atas III Kota Sukabumi pingsan setelah ditendang oleh guru olah raga sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan berinisal AI. Lisnawati yang mengeluhkan sakit di kepala masih terbaring di rumahnya.

Kakak Lisnawati, Eli Eliawati (34), Rabu (22/10) mengatakan, adiknya pingsan setelah ditendang AI saat pelajaran olah raga, Selasa (21/10). Eli baru mengetahui kasus itu Selasa malam saat pulang kerja. Sejak sore, Lisnawati tidak mau mengaku mengenai kondisinya karena diancam oleh guru agar tidak menceritakan kejadian kepada orang tua atau kerabat.

"Setelah saya desak, Lisnawati baru mengaku kalau ditendang guru olah raga hingga jatuh. Akibatnya, kepala Lisnawati terbentur lantai lapangan basket dan akhirnya pingsan," kata Eli.

Eli menyesalkan sikap sekolah yang tidak mau terbuka atau sekedar mengantar dan memberitahukan kejadian sesungguhnya kepada pihak sekolah. Lisnawati diberi uang Rp 150.000 oleh kepala sekolah dengan permintaan tidak memberitahukan kejadian kepada keluarga.

Namun Kepala Sekolah SMA III Kota Sukabumi Riskarjo membantah AI menendangm tapi  hanya mendorong karena saat olah raga, kondisi Lisnawati sedang tidak sehat. "Saya dan guru yang bersangkutan baru saja datang ke rumah anak itu, minta maaf. Anaknya sudah sembuh, dan bahkan akan main ke kerabatnya di Cianjur," kata Riskarjo.

Namun, pernyataan Riskarjo bertolakbelakang dengan kondisi Lisnawati, karena Kompas dan beberapa wartawan media lain baru saja berkunjung ke rumah Lisnawati sebelum bertemu Riskarjo. Sekitar lima menit setelah bertemu Riskarjo, Kompas juga menelepon Eli menkonfirmasi pernyataan Riskarjo. "Belum ada yang datang satu orang pun dari sekolah. Belum ada, bohong itu berarti pernyataan kepala sekolah," kata Eli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com