Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampungan TKI Nyaris Diserbu Massa

Kompas.com - 03/10/2008, 10:18 WIB

KUPANG, JUMAT - Sebuah lokasi penampungan calon TKI di Bilangan Kelapa Lima Kupang yang dikelola Perusahaan Pengerah Jasa TKI Mitra Sinergi Sukses, nyaris diserbu warga pada Jumat dini hari.
    
Hal ini terjadi karena ulah para calon TKI di lokasi tersebut selalu membuat kegaduhan pada malam hari, sehingga mengganggu istirahat warga di sekitarnya.
    
Selain itu, warga sekitar sudah mulai terusik, karena penghuni lokasi tersebut seringkali membuang kotoran di sekitar lokasi penampungan yang berjarak sekitar 10 meter dari pemukiman warga sehingga menimbulkan aroma yang tidak sedap.
    
"Kami warga di sini sudah bertekad menyerbu dan mengusir para calon TKI di lokasi itu. Mereka telah menciptakan suasana tidak nyaman bagi kami warga masyarakat di sini," kata Ibu Hadjon yang menjadi koordinator penyerbuan pada Jumat dini hari itu.
    
Ketika insiden penyerbuan itu hendak terjadi, dua calon TKW melarikan diri dari lokasi tersebut dan meminta perlindungan ke Sekretaris RT.5/RW.7 Kelapa Lima, karena mendapat penyiksaan di lokasi penampungan.
    
Dalam tiga bulan terakhir, kata Ibu Hadjon, masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi penampungan calon TKI oleh PPJTKI Mitra Sinergi Sukses itu nyaris tidak beristirahat dengan tenang karena kegaduhan yang dilakukan oleh sekitar 80 calon TKI yang ada di lokasi penampungan itu.
    
"Hampir sepanjang malam, kami tidak beristirahat dengan tenang, karena di lokasi penampungan para calon TKI tersebut, ributnya bukan main. Karena itu, kami warga di sini nekad untuk menyerbu lokasi itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com