Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekap Penghitungan Manual Masuk 8 September

Kompas.com - 07/09/2008, 17:22 WIB

 

 

BANDAR LAMPUNG, MINGGU - Komisi Pemilihan Umum Lampung menargetkan rekap data penghitungan suara pemilihan kepala daerah atau Pilkada Lampung 3 September 2008 dari kabupaten/kota sudah terkumpul mulai Senin (8/9). Ditargetkan, seluruh rekap data sudah masuk pada 14 September 2008 dan penetapan bisa dilakukan 16 September 2008.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Ch Gultom, Minggu (7/9) mengatakan, pada hari Minggu (7/9) ini KPU Lampung belum mendapatkan data rekap apapun dari KPU kabupaten/kota di Lampung. "Informasi yang saya terima, setiap KPU kabupaten/kota saat ini tengah menyiapkan rekap data penghitungan manual secara resmi atas hasil pemilihan gubernur (Pilgub) Lampung 3 September 2008," ujar Gultom.

Untuk diketahui, lanjut Gultom, setiap KPU kabupaten/kota di Lampung saat ini tengah menyelesaikan pendataan dan merekap hasil penghitungan manual. Itu karena penghitungan data di masing-masing kabupaten/kota memang belum rampung seluruhnya.  

Data itu bergerak dari panitia pemungutan suara (PPS) ke Panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk kemudian ke KPU kabupaten/kota. "Pergerakan data ini yang tengah dihimpun di kabupaten/kota," ujar Gultom.

Dari 11 kabupaten/kota di Lampung, ada yang akan menyelenggarakan rapat pleno pada Senin (8/9), yaitu KPU Bandar Lampung. Sedangkan 10 KPU kabupaten/kota lainnya menyelenggarakan pleno antara 9 September hingga 14 Spetember 2008.

KPU Lampung menargetkan data rekap penghitungan manual dari KPU kabupaten/kota sudah bisa masuk ke KPU Lampung mulai Senin (8/9). Data ditargetkan masuk bertahap.

Menurut Gultom, KPU Lampung sudah menginformasikan kepada 11 KPU kabupaten/kota, setiap KPU kabupaten/kota diberi batas waktu hingga 14 September 2008 untuk menyerahkan hasil rekap atas penghitungan manual. Sesuai tahapan Pilgub Lampung 2008, KPU Lampung akan segera melakukan rekap data dan memplenokan hasil penghitungan manual pada 16 September 2009.

"Pleno itu sekaligus untuk menetapkan calon Gubernur Lampung terpilih,"ujar Gultom.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com