Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LSI: Sjachroedin ZP-Joko Umar Said Unggul

Kompas.com - 03/09/2008, 17:55 WIB

BANDAR LAMPUNG, RABU- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA yang melakukan hitung cepat (quick count) pemilihan Gubernur Lampung di 11 kabupaten dan kota se-Lampung, Rabu (3/9), menyebutkan, pasangan Sjachroedin ZP-Joko Umar Said meraih suara terbanyak sekitar 41,57 persen berdasarkan data yang masuk sampai dengan pukul 17.05 WIB.

LSI mengambil sampel di 400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan metode multistage random sampling yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Lampung. Data yang masuk dari 400 TPS itu, baru 98,25 persen. Menurut LSI, pasangan Sjachroedin ZP-Joko Umar Said unggul di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Lampung.

Direktur Riset LSI Eka Kusmawadi menyebutkan, pihaknya telah pula melaksanakan survei beberapa minggu sebelum pelaksanaan pilgub Lampung itu, dan hasilnya adalah pasangan Sjachroedin ZP-Joko Umar Said yang paling dikenal dan disukai oleh masyarakat di semua segmen baik suku, agama dan ras. 

Menurut dia, kemenangan pasangan Sjachroedin-Joko Umar Said juga dipengaruhi oleh kepuasan masyarakat atas kepemimpinan Sjachroedin ZP selama menjabat Gubernur Lampung periode lalu.

Berdasarkan data yang masuk, LSI memastikan pilgub Lampung dilaksanakan dalam satu putaran dan pasangan Sjachroedin ZP-Joko Umar Said unggul di seluruh kabupaten dan kota, dengan tingkat perolehan suara 35-41 persen. 

Suara terbanyak kedua diperoleh pasangan M Alzier Dianis Thabranie-Bambang Sudibyo dengan perolehan suara 20,55 persen. Pasangan Zulkifli Anwar-Akhmadi Sumaryanto meraih 17,04 persen, pasangan Andy Achmad Sampurna Jaya-HM Suparjo 9,37 persen, pasangan Muhajir Utomo-Andi Arief 3,3 persen, dan pasangan Sofjan Jacoeb-Bambang Waluyo Utom meraih 2,59 persen suara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com