Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Lampung Digelar Hari Ini

Kompas.com - 03/09/2008, 07:53 WIB

BANDAR LAMPUNG, RABU-Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2009-2014 mulai digelar hari Rabu (3/9) pagi. Sekitar 5.405.565 orang pemilih terdaftar diharapkan memberikan suaranya.

KPUD Lampung selaku penyelenggara Pilkada menyediakan sebanyak 13.172 tempat pemungutan suara (TPS) di 11 kabupaten/kota untuk para pemilih yang mau menggunakan hak pilihnya.

Pilkada langsung yang menelan biaya Rp100 miliar itu diamankan sekitar 7.100 personil polisi yang dibantu aparat TNI sebanyak 13 SSK (satuan setingkat kompi) dan 28.000 petugas perlindungan masyarakat (Linmas). Beberapa hasil survei menyebutkan, sekitar 25-30 persen pemilih merupakan massa mengambang dan Golput (tidak memilih).

Pilkada itu diikuti tujuh pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang terdiri atas dua pasang calon perseorangan dan lima pasang yang diusung Parpol atau koalisi Parpol.

Pasangan independen adalah Muhajir Utomo/Andi Arief dan Sofjan Jacoeb-Bambang Waluyo Utomo. Sedang pasangan yang diusung parpol/koalisi parpol adalah Zulkifli Anwar/Akhmadi Sumaryanto, M Alzier Dianis Thabranie/Bambang Sudibyo, Oemarsono/Thomas Azis Riska, Andy Achmad Sampurna Jaya/HM Suparjo, Sjachroedin ZP/MS Joko Umar Said.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com