Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijamin, UN SMP di Gorontalo Tepat Waktu

Kompas.com - 21/04/2013, 15:07 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com - Peserta Ujian Nasional (UN) SMP di Gorontalo mungkin agak lebih beruntung daripada kakak-kakaknya di SMA. Ketua panitia UN Provinsi Gorontalo, Hamzah Yunus memastikan UN SMP akan berlangsung sesuai jadwal, yaitu Senin besok (22/04/2013).

Hamzah yang diwawancarai di sela-sela pendistribusian soal-soal UN SMP, Minggu (21/04/2013) mengatakan, materi soal SMP sudah mulai didistribusikan pagi ini setelah tiba kemarin sore di Gorontalo lewat pesawat hercules TNI AU.

"Kita sudah distribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di Gorontalo. Bahkan di kabupaten terjauh (dari ibukota provinsi), yaitu Kabupaten Pohuwato naskahnya sudah tiba hari ini," ujarnya.

Hamzah mengungkapkan, jumlah naskah untuk UN SMP di Gorontalo adalah sebanyak 1.599 boks, terbagi untuk Kota Gorontalo (145 boks), Kabupaten Gorontalo (602 boks), Kabupaten Boalemo (235), Kabupaten Pohuwato (213 boks), Kabupaten Bone Bolango (187 boks) dan Kabupaten Gorontalo Utara (217 boks).

"Sampai saat ini tidak ada keluhan jumlah naskah yang kurang," lanjutnya.

Hamzah mengungkapkan, pencetakan naskah UN SMP sudah tak lagi menggunakan jasa PT Ghalia. Sebelumnya perusahaan ini menjadi tempat pencetakan naskah UN SMA untuk 11 Provinsi di Indonesia Tengah termasuk Gorontalo.

"Saat sudah terlihat kalau perusahaan ini tidak akan bisa mencapai target, langsung PT Ghalia diganti dengan percetakan lain," kata Hamzah.

Hamzah tidak membantah kalau pergantian perusahaan percetakan ini ikut membantu kelancaran ujian di daerah. "Keputusan mengganti percetakan itu keputusannya balitbang (badan penelitian dan pengembangan) Kemendikbud. Kita di daerah bersyukur karena UN SMP bisa dilaksanakan tepat pada posnya," ungkap Hamzah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com