Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Calon Wali Kota, Istri Peni Buka Rekening Donatur

Kompas.com - 20/03/2013, 15:46 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Heri Pudji Utami, istri dari Peni Suparto, Wali Kota Malang, Jawa Timur membuka rekening sumbangan untuk rakyat Kota Malang yang ingin menyumbang untuk dana pemenangan dirinya dalam bursa Pilkada Wali Kota Malang yang digelar pada 23 Mei mendatang.

"Rekening untuk sumbangan dibuka Rabu (20/3/2013). Jika ada masyarakat yang akan menyumbang untuk pemenangan pasangan 'DaDi' (Bunda Heri-Sofyan Edi Jarwoko) di Pilkada Kota Malang. Ini bentuk gotong royong kita untuk membangun Kota Malang kedepan," kata Direktur Pemenangan Pasangan DaDi, Yoestiadji, saat jumpa pers di Posko Pemenangan 'DaDi' di Kota Malang, Rabu (20/3/2013).

Menurut Yoestiadji, pasangan 'DaDi maju di bursa Pilkada karena gotong royong semua elemen masyarakat Kota Malang. "Dukungan maju berangkat dari dukungan Partai, komunitas dan masyarakat umum. Semuanya bahu membahu mengusung pasangan 'DaDi'," akunya kepada wartawan.

Yoestiadji mengaku, dana yang terkumpul akan digunakan untuk beberapa panti asuhan, anak-anak yang membutuhkan dana untuk sekolah dan program lainnya yang dibangun memang untuk masyarakat tidak mampu.

"Soal pertanggungjawabannya akan diumumkan secara transparan kepada publik di Kota Malang. Mulai dari penggunaan dan hasil bantuan dari masyarakat tersebut. Sejak dibuka sudah mulai banyak yang menyumbang," kata Yoestiadji.

Sesuai dengan UU, lanjut Yoestiadji, untuk individu masyarakat diperbolehkan menyumbang sebanyak Rp 50 juta dan sumbangan dari institusi senilai Rp 350 juta. "Jika melebihi dari nilai itu, akan dikembalikan dan atas nama pihak lain," jelasnya.

"Pasangan ini berangkat bersama masyarakat karena memang didukung masyarakat. Pengelolaan keuangan selama pilkada juga bersama masyarakat. Tak akan menutup-nutupi berapa dana yang masuk dari masyarakat secara umum," katanya.

Dalam Pilkada Kota Malang ada enam pasangan calon yang maju. Diantaranya, pasangan Heri Pudji Utami Sofyan Edi Jarwoko (Golkar-PAN), Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo (PDIP), Dwi Cahyono- M Nuruddin (Independen), Mujais-Yunar Mulya (Independen), Agus Dono-Arif HS (PD-PKS) dan M Anton-Sutiaji (PKB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com