Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri BUMN: Kendal Bisa Cegat 21 Investor Jakarta

Kompas.com - 02/02/2013, 17:44 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

BUMN KENDAL, KOMPAS.com -- Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, harus bisa menghadang sekitar 21 investor Jakarta yang mau memindahkan perusahaannya ke Semarang. Pasalnya, pada bulan ini, para pengusaha besar itu sudah siap mendirikan pabrik besarnya di kawasan Industri Wijayakusuma, Semarang.

Hal itu diungkapkan Menteri BUMN, Dahlan Iskan saat berkunjung ke Kaliwungu Kendal, Sabtu (2/2). Dahlan Iskan, menjelaskan, sebelum ke Kaliwungu, dirinya berkunjung ke kawasan industri tersebut. Di kawasan Industri Wijaya Kusuma Tugu, Semarang, ia melihat kesiapan dalam menyambut 21 investor itu.

Dahlan mengatakan, perusahaan tersebut pindah karena faktor pembiayaan produksi yang membengkak akibat kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK).

"Kalau di kawasan industri Semarang sudah siap menerima 21 investor yang mau pindah dari Jakarta itu. Tinggal mereka kesiapan pindahnya kapan," kata Dahlan Iskan.

Dahlan Iskan mengaku, dirinya belum mendengar rencana adanya kawasan ekonomi khusus di Kaliwungu Kendal. Hal itu mungkin karena itu bukan wilayahnya BUMN. Tapi kalau memang sudah siap, Dahlan Iskan meminta kepada orang nomor satu yang ada di Kendal, supaya menghadang investor Jakarta yang mau pindah ke Semarang, lalu ajak ke Kaliwungu.

"Tinggal di sini sudah siap apa belum. Kalau saya selaku mentri BUMN, ya, saya arahkan ke kawasan Industri Semarang," akunya.

Kawasan ekonomi khusus (KEK) di Kaliwungu, Kendal, saat ini masih dalam proses pembangunannya. Sekarang, lokasinya sedang diurug, karena sebagian besar bekas tambak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com