Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Pesawat Solo-Jakarta Menurun

Kompas.com - 19/01/2013, 13:40 WIB
Sri Rejeki

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Jumlah penumpang pesawat rute Solo-Jakarta dan sebaliknya menurun, menyusul terjadinya banjir di Jakarta. Banyak penumpang membatalkan atau menunda rencana keberangkatan mereka.  

"Jumlah penumpang menurun 10-20 persen dari biasanya 90-95 persen selama dua hari terakhir. Akhir pekan yang biasanya tiket habis terjual sejak dua hari sebelumnya, sekarang masih 80 persen," ungkap Sales Representative Sriwijaya Air Solo Nur Sapto Siwi, Sabtu (19/1/2013).  

Penurunan penumpang juga terjadi untuk rute Jakarta-Solo. Bahkan untuk penumpang yang berangkat dari Jakarta dengan tujuan manapun, menurut Nur, mendapat keringanan jika ingin menjadwalkan ulang penerbangannya hingga 31 Januari tanpa terkena penalti.  

"Beberapa penumpang mengungkapkan menunda keberangkatan karena tempat tujuan di Jakarta kebanjiran. Ada juga yang acaranya di Jakarta dibatalkan karena banjir," kata Nur.

Hal serupa terjadi pada Garuda Indonesia, seperti diungkapkan Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Solo Endy Latief. Menurut Endy, penurunan sebagai dampak dari banjir Jakarta ini diperkirakan akan terjadi selama sepekan ini. Dari semula rata-rata penumpang pada bulan Januari 60 persen, diperkirakan akan menurun menjadi 37 persen akibat dampak banjir di Jakarta.  

"Jumlah penumpang kemarin untuk Solo-Jakarta 59 persen dan Jakarta-Solo 46 persen," kata Endy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com