Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Februari, MASwings Buka Rute ke Balikpapan

Kompas.com - 17/01/2013, 20:11 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - MASwings, maskapai yang merupakan anak perusahaan Malaysia Airlines, akan membuka rute baru ke Balikpapan, mulai 1 Februari 2013 mendatang. Rute itu yakni Kota Kinabalu-Balikpapan dan Kuching-Balikpapan, yang seminggu akan dilayani tiga kali yakni setiap Selasa, Jumat, dan Minggu.

Demikian disampaikan Melisa Chocker, Supervisor Corporate Communication MASwings, saat jumpa pers di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kaltim, Kamis (17/1/2013).

"Perluasan penerbangan ini juga seiring program pemerintah Malaysia, untuk Visit Malaysia Year 2014," ujarnya.

Balikpapan dilirik karena potensial. " Kami melihat peluang ke semua market. Kami lihat potensi bisnis, meeting, wisata keluarga, ataupun wisatawan yang datang untuk kepentingan berobat. Selain ke Balikpapan, kami pun berencana ke Filipina," ujar Normala Othman, Corporate Communication & Branding Manager MASwings Sdn.Bhd.

MASwings saat ini mengoperasikan 10 pesawat ATR 72-500 dan 4 pesawat twin otter. Untuk rute baru ke Balikpapan, nantinya akan memakai ATR yang berkapasitas 68 tempat duduk. Untuk load factor rute baru ke Balikpapan ini, MASwings menargetkan bisa mencapai 100 persen. Mulai 1 Februari hingga akhir

Tahun 2012 lalu, MASwings melakukan ekspansi di tiga rute baru. Pada 1 Februari 2012, dibuka rute ke Brunei. Pontianak (Kalbar) dan Tarakan (Kaltim), menyusul kemudian pada 6 Febuari dan 13 Febuari.

Load factor atau tingkat keterisian rute ke Pontianak dan Tarakan ini, masing-masing 50 persen dan 80-90 persen.

Bobby Alex, Marketing Manager Sabah Tourism Board, mengutarakan, dengan pembukaan dua rute baru itu nantinya, akan memudahkan wisatawan Indonesia ke Kinabalu dan Kuching. Belum ada penerbangan langsung dari Balikpapan, baik ke Kota Kinabalu maupun ke Kuching.

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com