Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Banyumas Kecam Oknum Simpatisan Partai Nasdem

Kompas.com - 17/01/2013, 16:05 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com-  Belasan jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen Persiapan Banyumas dan Paguyuban Wartawan Purwokerto, Kamis (17/1/2013), melakukan aksi solidaritas terhadap para jurnalis di Jakarta yang mendapat perlakuan kekerasan dari sejumlah oknum anggota dan simpatisan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Selasa lalu.

Kejadian tersebut terjadi saat para jurnalis sedang berunjukrasa di depan kantor Partai Nasdem memperjuangkan hak-hak Liviana, seorang jurnalis Metro TV yang dipecat oleh kantornya tanpa alasan jelas.

Dalam aksi di depan kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Nasdem Banyumas di Purwokerto, para jurnalis se-Banyumas mendesak dihentikannya kekerasan terhadap jurnalis.

Mereka menyayangkan aksi kekerasan terhadap jurnalis dilakukan justru oleh sebuah partai politik yang semestinya menjadi panutan masyarakat.

Para wartawan membawa pamflet berisi kecaman terhadap aksi kekerasan tersebut. Beberapa bertuliskan "Hentikan Kekerasan Pada Jurnalis", "Kembalikan Hak-hak Luviana", dan "Jurnalis Bukan Samsak Tinju."

Dalam orasinya, Agus Setyanto, koordinator aksi menegaskan, kekerasan terhadap jurnalis merupakan pelecehan terhadap UU No 40/1999 tentang Pers. "Seluruh warga negara wajib tunduk terhadap hukum. Tak terkecuali anggota partai," ujarnya.

Dia mengatakan, kerja jurnalistik dilindungi UU sehingga penghalangan kerja jurnalistik tak dapat dibenarkan apalagi melakukan kekerasan dan tindakan tidak simpatik.

Wartawan juga mengalungkan seluruh Kartu Pers di halaman kantor DPD Nasdem Banyumas sebagai aksi keprihatinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com