Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari 3 Rumah di Bone Ludes Terbakar

Kompas.com - 22/09/2012, 15:38 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com - Dua peristiwa kebakaran melanda rumah warga di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kebakaran pertama terjadi sekitar pukul 07.00 Wita, Sabtu (22/9/2012) menimpa satu rumah milik Hj. Timah (53), warga Kelurahan Panyula, Kecamatan Tneteriattang Timur. Api diduga bersumber dari arus pendek listrik. Beruntung empat unit mobil pemadam segera tiba di lokasi dan memadamkan api hingga tak membuat kebakaran meluas ke pemikiman warga lainnya.

Berselang dua jam kemudian dua rumah milik Arifuddin (42) dan Laju (70) di Kelurahan Pallengorang, Kecamatan Biru juga terbakar hingga mengakibatkan rumah korban rata dengan tanah. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09:00 Wita, Sabtu (22/9/2012) ini akibat dari percikan api dari tungku masak milik Ariffuddin.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, sebelum kebakaran terjadi, istri Arifuddin, Suhaeni tengah memasak. Lalu Suhaeni keluar sebentar membantu suaminya mengambil pelepah pohon sagu. Rupanya Suhaeni lupa mematikan bara api dari tungku masaknya, sehingga api melalap dapur lalu menyebar hingga ke seluruh rumahnya. Hanya dalam hitungan menit, rumah sederhana milik Ariffudin rata dengan tanah.

"Memang saya tadi memasak dan tidak mematikan bara api karena memang biasa begitu kalau pakai kayu bakar," kata Suhaeni.

Kencangnya tiupan angin membuat api dari rumah Arifuddin mudah merambat ke rumah tetangganya, Laju. Rumah Laju pun ikut terbakar. Api baru dapat dipadamkan setelah 4 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi hingga api tidak merambat ke pemukiman warga lainnya.

Meski tak ada korba jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sebab, selain meratakan dua rumah, api juga menghanguskan puluhan karung gabah serta ratusan lembar atap rumbia milik para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com