Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang Obat Membengkak, Sekda Salahkan RSU

Kompas.com - 03/09/2012, 18:27 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com -- Utang obat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Kota Parepare terus membengkak. Hingga September ini, utang obat yang sejak 2011 lalu tersebut sudah mencapai Rp 8,4 miliar.

Hal ini membuat pelayanan di rumah sakit milik pemerintah itu tidak maksimal. Misalnya, beberapa hari yang lalu seorang ibu hamil ditolak dioperasi dengan alasan tidak ada obat bius, dan akhirnya meninggal. Pihak manajemen RSUD A Makkasau mengatakan, utang rumah sakit yang terus membengkak sudah mencapai Rp 8,4 miliar.

"Dengan kondisi banyak utang begini, terang saja pihak rekanan enggan lagi meminjamkan obat untuk rumah sakit," jelas Taufikurrahman, Bagian Keuangan RSUD A Makkasau.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD A Makkasau dr Jamal Sahil membenarkan utang rumah sakit yang terus membengkak. Hanya saja dia tetap membantah kalau obat bius dan obat pendukung lainnya kurang.

"Obat banyak kok, bahkan kita pesan sesuai dengan kebutuhan rumah sakit," kilahnya.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Kota Parepare Fisal Andi Sapada yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/9/2012) menilai membengkaknya utang RSUD Andi Makkasau karena kesalahan pihak rumah sakit sendiri.

"Pemkot Parepare sudah membayar sekitar Rp 2,5 miliar untuk obat, dan dalam waktu dekat ini kita akan bayar kekurangannya sekitar Rp 1,7 miliar," tandas Faisal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com