Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulat Bulu Juga Serang Kendal

Kompas.com - 05/04/2011, 13:08 WIB

KENDAL KOMPAS.com - Tidak hanya wilayah Probolinggo dan Banyuwangi Jawa Timur, yang diserang ulat berbulu. Binatang yang bisa membuat gatal kulit bagi yang menyentuhnya itu juga melanda di wilayah Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Di daerah ini ratusan bahkan ribuan ulat berwarna coklat tua tersebut menyerang sejumlah pohon mangga dan angsana, yang ada di komplek Kantor Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptaru) Kabupaten Kendal. Ulat bulu ini menyerang pohon-pohon yang ada di Ciptaru sejak sebulan lalu. Sebenarnya, pihak Ciptaru, sudah memotong beberapa pohon, untuk mengurangi ulat berbulu itu. Namun, ulat-ulat itu, berpindah tempat dan semakin banyak.

Kepala Dinas Ciptaru Kendal, Mohamad Toha, mengatakan, ulat bulu berwarna coklat tua itu kerap merambat ditembok-tembok perkantoran dan mobil yang diparkir di daerah itu. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas pertanian setempat agar dilakukan penyemprotan sehingga serangan ulat bulu tersebut tidak meluas.

"Kami sebenarnya sudah melakukan penyemprotan dengan menggunakan air lewat mobil pemadam kebakaran. Namun ulat-ulat itu semakin merajalela," kata Toha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com