Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Terguling di Tikungan Curam Mronjo

Kompas.com - 27/01/2011, 14:09 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Sebuah truk pembawa pupuk terguling akibat as roda belakang patah setelah gagal menaklukkan tikungan tajam yang curam di jalan jurusan Malang-Blitar melalui Kecamatan Kanigoro di Desa Mronjo, Kecamatan Selopuro, Jawa Timur, Kamis (27/1/2011).

Berdasarkan keterangan yang dikumpulkan di lokasi kejadian, truk sebenarnya berjalan dengan kecepatan lambat sebab rute yang dilalui adalah jalan curam yang menikung hampir 90 derajat. Supriyono (50), saksi mata warga Desa Mronjo, menjelaskan, tikungan ini memang amat sulit bagi pengemudi yang belum terbiasa.

"Ini ruas (jalan) yang memperpendek jarak Malang-Blitar, lebih singkat sekitar 13 km dibanding lewat Kecamatan Wlingi Garum hingga Kota Blitar," katanya.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, kuli angkut truk yang membawa puluhan karung pupuk Ponska itu sempat hilang "ditelan" tumpukan pupuk yang terguling.

Warga yang beramai-ramai menolong berhasil menemukan kuli angkut, Sunari (30), warga Kabupaten Jombang, yang terjepit di antara tumpukan pupuk. Beruntung, Sunari hanya mengalami luka lecet.

Dua petugas Polsek Kesamben yang berada di lokasi langsung mengamankan situasi. Pengemudi truk dengan nomor polisi S 9577 WC dilaporkan mencari bantuan dengan menelepon majikannya.

Diduga, pengemudi truk terlambat menurunkan persneling. Selanjutnya, karena jalan menikung ke arah kiri dengan sudut tajam sambil menanjak, salah satu sisi roda terangkat, dan beban tertumpu hanya pada sebaris roda sebelah kanan. Beratnya beban mengakibatkan as roda belakang kanan patah dan truk terguling.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com