Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Desain dan Nama Tugu Gempa Berhadiah Rp 25 Juta

Kompas.com - 15/10/2009, 14:01 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Walikota Padang, Sumbar, Fauzi Bahar mengatakan, pemerintah daerah setempat akan melombakan pembuatan desain satu unit tugu gempa sekaligus nama tugu tersebut. Pemenangnya akan diberi Rp25 juta sebagai hadiah.
    
"Tugu tersebut dibangun sebagai sebuah monumen bersejarah bagi masyarakat Kota Padang. Sebanyak 319 korban gempa yang mati syahid akan ditulis dengan tinta emas di dinding tugu itu," kata Fauzi Bahar di Padang, Kamis.
    
Fauzi menjelaskan, nama-nama para  korban gempa ditulis di tugu itu guna mengobati kesedihan para keluarga yang ditinggalkan oleh anak, isteri, suami, atau cucu mereka.
    
Keberadaan tugu itu sekaligus sebagai kenangan bagi generasi mendatang, bahwa di kota itu pernah terjadi gempa dengan guncangan  kuat yang mengakibatkan ratusan korban jiwa dan ribuan bangunan  rusak berat, sedang, dan ringan.
    
"Gempa yang sama pada 200 tahun lalu pernah terjadi dan generasi sekarang tidak bisa mengetahuinya karena catatan sejarahnya tidak ada, kecuali catatan dari pemerintah Kolonial Belanda," katanya.
    
Untuk lokasi pembangunan tugu itu, kata Fauzi, akan dicadangkan tiga lokasi, yakni di depan Hotel Ambacang, tempat terdapat banyak korban gempa, atau di pojok Taman Melati atau di depan masjid Nurul Iman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com