Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IVAA Bangun Pusat Arsip Digital

Kompas.com - 02/07/2009, 21:55 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Indonesian Visual Art Archive (IVAA) Yogyakarta membangun pusat informasi digital yang menampung seluruh koleksi arsip IVAA dalam format digital.

"Tujuan utamanya untuk preservasi data tersebut, menyimpannya ke jaringan online, membuat sistem baru klasifikasi data serta meningkatkan kemudahan aksesibilitas dan pemanfaatan data IVAA bagi publik," kata Humas IVAA Tovic Raharja di Yogyakarta, Kamis (2/7).

Selain itu, IVAA juga sedang membangun program IVAA online archive (arsip online) yang menampung seluruh koleksi dokumentasi IVAA di jaringan internet.

IVAA adalah sebuah lembaga nirlaba yang berbasis di Yogyakarta dan didirikan pada 1995. Bidang utama IVAA adalah dokumentasi, riset, perpustakaan serta penyelenggaraan program edukasi dan eksplorasi seni visual.

"IVAA juga berfungsi sebagai sebuah laboratorium kreatif untuk menggagas berbagai pemikiran serta kegiatan yang mendukung perkembangan seni visual dan budaya kontemporer, baik secara praktik maupun wacana," katanya.

Menurut dia, sejak April 2009, IVAA mengimplementasikan sistem baru, yakni mengaplikasikan server lokal untuk pusat storage data digital di database IVAA Library-Data Center.

Dengan fasilitas itu, pengunjung perpustakaan dapat mengakses arsip digital, menonton koleksi audio-visual, dan menelusuri katalog perpustakaan langsung dari laptop pribadi atau dari komputer publik yang disediakan di ruang perpustakaan.

Seiring dengan dibangunnya pusat informasi IVAA online, perpustakaan IVAA pun dikembangkan menjadi IVAA Library-Data Center.

"Melalui fasilitas itu para anggota tidak hanya bisa secara maksimal memanfaatkan koleksi perpustakaan, namun juga arsip dan bisa mengakses informasi lebih rinci melalui internet," katanya.

IVAA Library-Data Center juga mengubah sistem keanggotaan dari per tahun menjadi seumur hidup.

"Pendaftaran dapat dilakukan via e-mail tanpa harus melakukan kunjungan langsung ke perpustakaan, tanpa kartu anggota tetapi terdaftar dalam IVAA Online Library Catalog," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com