Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,7 SR Guncang Palu, Warga Panik

Kompas.com - 02/03/2009, 08:29 WIB

PALU, SENIN — Gempa bumi berkekuatan 5,7 skala richter mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (2/3) pukul 07.03 WIB.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, pusat gempa berada sekitar 24 km barat daya Palu dengan kedalaman 40 km. BMKG dalam situsnya menegaskan, gempa tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, seperti dikutip Antara, akibat gempa tersebut warga langsung berhamburan keluar rumah karena khawatir tertimpa reruntuhan bangunan. Bahkan, sebagian besar siswa TK, SD, dan SMP di ibu kota provinsi itu langsung dipulangkan pihak sekolah. Begitu pula suasana cukup panik terlihat di rumah sakit. Para pegawai dan beberapa pasien sempat berhamburan keluar.

Di SDN I, SDN II, dan SDN III Tatura Palu kebanyakan siswa menangis karena ketakukan sehingga guru tampak sibuk menenangkan mereka. Beberapa orangtua murid menjemput pulang anak mereka.

Pihak sekolah memutuskan untuk meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar karena siswa tidak lagi bisa berkosentrasi. "Kegiatan belajar mengajar hari ini terpaksa dihentikan karena kebanyakan siswa sudah pulang," kata salah seorang guru di SDN II Tatura Palu.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan resmi dari instansi berwenang mengenai korban jiwa ataupun cidera akibat gempa tersebut. Demikian juga kerusakan bangunan penduduk ataupun fasilitas umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com