Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luapan Bengawan Jero Genangi 21 Desa

Kompas.com - 23/02/2009, 16:36 WIB

LAMONGAN, SENIN — Luapan sungai Kaliplalangan di Bengawan Jero Kabupaten Lamongan menggenangi 21 desa yang tersebar di Kecamatan Kalitengah, Karangbinangun, Turi dan Glagah Kabupaten Lamongan. Luapan Bengawan Jero sejak Minggu (22/2) hingga Senin (23/2) menggenangi 658 rumah, 1.963 hektar tambak, sekitar 5,46 kilometer jalan desa, dan 750 jalan kabupaten.

Berdasarkan data di Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Kabupaten Lamongan, banjir luapan Sungai Plalangan di Bengawan Jero juga menggenangi dua Sekolah Dasar dan dua Madrasah Ibtidaiyah serta satu Pondok Pesantren. Banjir kali ini merupakan yang terparah sejak lima tahun terakhir. Ketinggian air di rumah antara 5 sentimeter dan 20 cm, di tambak dari 10 cm sampai 45 cm, sedangkan di jalan dari 15 cm hingga 50 cm.

Banjir di wilayah Kecamatan Kalitengah menggenangi 311 rumah, terbanyak di Desa Bojosari 198 rumah. Selain itu 1.048 hektar tambak dan 2.620 meter  jalan desa dan 750 jalan kabupaten tergenang. Banjir menggenangi delapan desa, yakni Desa Bojoasri, Lukrejo, Jelakcatur, Mungli, Somosari, Tiwet, Gambohan, dan Blajo.

Jalan desa di Desa Bojoasri (2.000 m) tergenang, di Jelakcatur (170 m), Gambuhan (350 m) dan Blajo (100 m) dengan ketinggian 30 cm sampai 40 cm. Jalan kabupaten yang menghubungkan Tiwet-Gibe sepanjang 750 meter juga tergenang dengan ketinggian 25 cm. Camat Kalitengah Saidi menyebutkan kerugian dari tambak akibat ikan lepas rata-rata Rp 2,5 juta per hektar karena rata-rata baru menebar benih.

Di Bojoasri, air menggenangi Dusun Wates, Waru, Dukun dan Dodoman, serta satu Pondok Pesantren Taksilul Murodhi dan satu Madrasah Ibtidaiyah. Pemkab Lamongan telah memberikan bantuan dua kali berupa 69 paket sembako dan 356 paket termasuk 25 di antaranya untuk Ponpes Takzilul Murodhi. Demikian dikatakannya.

Di wilayah Kecamatan Turi, satu balai desa, 260 rumah, 80 di antaranya di desa Kepundibener, 606 hektar tambak, dan 2.150 meter jalan desa tergenang. Banjir menggenangi enam desa yakni Pomanjangan, Kepundibener, Mbambang, Putatkumpul, Kemlagi Lor dan Turi.

Di wilayah Kecamatan Glagah banjir menggenangi 43 rumah, 33 di antaranya di Desa Soko, 185 hektar tambak dengan nilai kerugian sekitar Rp 1,085 miliar. Air menggenangi wilayah desa, yakni Soko, Morocalan, Pasi, dan Gempol Pendowo.

Di Kecamatan Karangbinangun, air menggenangi 44 rumah, 30 di antaranya di Desa Waruk, 124 hektar tambak, 750 meter jalan desa, dua MI dan dua SD. Banjir menggenangi tiga desa yakni Waruk, Sukorejo dan Karanganom.

Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pembangunan Wilayah III Pembantu Gubernur Bojonegoro Setiadjit, Senin, menyerahkan bantuan 450 paket sembako. Setiap paket terdiri dari 2 kilogram beras, kecap, mi instan, minyak goreng, dan gula. Satlak Penanggulangan Bencana Lamongan sudah menyalurkan bantuan sebanyak 419 paket sembako dan 15 dus mi instan. pada Senin, Satlak mengirim 260 paket bantuan ke Kecamatan Turi. Demikian kata Kepala Bagian Humas dan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Lamongan Aris Wibawa.

Koordinator Pengendalian dan Pengamanan Balai Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo Moeljono menjelaskan, luapan yang terjadi di Lamongan disebabkan rawa Bengawan Jero yang di tengahnya ada Kali Blawi. Kali Blawi punya beberapa anak sungai yang membujur dari barat ke timur, yakni Kali Plalangan, Kali Mengkuli, Kali Dapur, dan Kali Pengaron atau Kali Deket.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com