Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Geser Pesawat Parkir, Juanda Tutup 20 Menit

Kompas.com - 14/02/2009, 20:36 WIB

SURABAYA, SABTU - Bandara Juanda Surabaya ditutup selama 20 menit setelah tiga pesawat yang sedang parkir bergeser dari posisinya akibat diterpa angin, Sabtu petang.
     
Airport Duty Manager (ADM) Bandara Juanda, Maryono, mengatakan tiga pesawat, yakni Sriwijaya Air, Citilink, dan Batavia Air, bergeser beberapa meter dari posisinya akibat terpaan angin berkecepatan 30 hingga 40 knot/jam.
     
"Akibat kejadian itu bandara kami tutup selama 20 menit, mulai pukul 18.15 WIB hingga 18.35 WIB. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.
     
Ia mengungkapkan, ketiga pesawat yang belum punya jurusan itu, masing-masing Sriwijaya Air sedang istirahat di pelataran parkir nomor 13, Citilink di pelataran parkir nomor 17, dan Batavia Air di pelataran parkir nomor 20.
     
"Tiba-tiba ketiga pesawat itu bergeser sekitar 20 derajat  dari posisinya setelah terkena terpaan angin yang mengiringi hujan deras," katanya.
     
Bahkan menurut Maryono, sayap kiri pesawat Citilink sempat membentur garbarata yang menghubungkan ruang tunggu penumpang dengan pintu pesawat.
     
"Hingga malam ini dua pesawat, yaitu Sriwijaya Air dan Batavia sudah dikembalikan ke posisi semula. Tinggal Citilink, karena sayap kirinya membentur garbarata," katanya.
     
Insiden itu sempat membuat panik sejumlah calon penumpang yang berada di ruang tunggu Bandara Juanda. "Kami takut kalau pesawat gagal berangkat," kata Kurnia, salah satu calon penumpang Citilink tujuan Jakarta itu.
     
Selain membuat posisi pesawat bergeser, hujan disertai angin kencang itu juga mengakibatkan tiga gerobak pengangkut barang di bandara itu terbalik.
     
Bahkan satu gerobak yang terguling mengakibatkan lambung pesawat Sriwijaya Air tergores. Namun tidak sampai mengganggu kelayakan terbang pesawat tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com