Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Kanada Keluhkan Fasilitas Saat Wisata di Togean, Sandiaga Uno Sebut Akan Tangani

Kompas.com - 29/08/2023, 15:36 WIB
Wijaya Kusuma,
Khairina

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan menindaklanjuti keluhan turis asal Kanada saat berwisata di Kepulauan Togean, di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. 

Turis asing asal Kanada mengeluhkan akses serta fasilitas resort di Kepulauan Togean, di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Keluhan ini dipublikasikan di South China Morning Post. 

Baca juga: Gadis di Bawah Umur Diperkosa 13 Orang di Tojo Una-Una, Muncul Kekhawatiran Kasusnya Berakhir Damai Seperti di Brebes

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, dia sudah pernah berkunjung ke Kepulauan Togean, di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. 

Diakui Sandiaga Uno, Kepuluan Togean mempunyai pesona bawah laut yang indah. 

"Saya sudah pernah ke Kepuluan Togean, dan memang tentunya alam bawah lautnya sangat luar biasa dan itu sudah warisan UNESCO," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai menghadiri acara di Hotel Alana, Kabupaten Sleman, Selasa (29/8/2023). 

Baca juga: Gempa M 5,2 Guncang Tojo Una-una, Tak Berpotensi Tsunami

Sandiaga Uno menyampaikan fasilitas, pelayanan hingga sumber daya manusia (SDM) di destinasi tersebut harus terus ditingkatkan.

Hal itu juga sudah disampaikanya kepada Kepala Dinas Pariwisata di sana. 

"Kami harus pastikan Sulawesi Tengah, kemarin kami ketemu juga dengan Bu Kadis bahwa layanan, SDM dan fasilitas pariwisata harus ditingkatkan," ungkapnya. 

Terkait dengan keluhan dari turis asing, lanjut Sandiaga Uno, akan ditindaklanjuti. Sehingga agar tidak menjadi citra negatif pariwisata Indonesia. 

"Jika ada keluhan dari wisatawan mancanegara itu kami tangani, dan segera kami fasilitasi agar ini tidak menjadi preseden buruk dan menurunkan reputasi Indonesia sebagai surganya wisata bawah air laut," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com