Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotabaru Gelar Festival Budaya

Kompas.com - 10/06/2013, 04:16 WIB

KOTABARU, KOMPAS.com — Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival budaya Saijaan 2013, sebagai salah satu upaya melestarikan budaya lokal yang mulai memudar tergerus budaya modern.

"Festival budaya tersebut juga memeriahkan hari jadi Kabupaten Kotabaru ke-63," kata Ketua Panitia festival budaya Saijaan, Husin, di Kotabaru, Minggu (9/6/2013).

Husin yang juga Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kotabaru, menambahkan, peserta festival budaya merupakan perwakilan 10 kabupaten/kota, dari 13 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan.

Setiap kabupaten, lanjut dia, menampilkan ciri khas kebudayaan daerah masing-masing. "Sebagian besar peserta berasal dari kalangan pelaja, dan mahasiswa," ujarnya.

Festival itu juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa cinta para generasi muda terhadap kebudayaan daerah. Akhir-akhir ini, budaya lokal mulai terkikis oleh kebudayaan orang barat.

Menurut dia, apabila kebudayaan daerah tidak dilestarikan, maka tidak menutup kemungkinan suatu saat bisa hilang. Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani menambahkan, festival budaya Saijaan adalah ajang untuk kreativitas masyarakat, khususnya generasi muda.

Kegiatan itu juga menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang mempunyai bermacam-macam budaya dan ciri khas. "Alhamdulillah peserta festival budaya Saijaan, dalam rangka hari jadi Kotabaru ke-63 dihadiri oleh beberapa perwakilan dari kabupaten se-Kalimantan Selatan," ungkapnya.

Irhami berharap kegiatan ini dapat menarik wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com