Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Petugas Imigrasi Kendari Ditangkap Polisi

Kompas.com - 07/06/2013, 04:40 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com — Kepolisian Resor Kota Kendari menangkap tiga pegawai Kantor Imigrasi Kendari, Sulawesi Tenggara. Ketiganya diduga membantu pelarian 20-an imigran gelap. Penangkapan ketiga orang ini merupakan pengembangan dari penangkapan tiga polisi yang kedapatan membantu pelarian para imigran itu.

Tiga petugas imigrasi tersebut berinisial RG, S, dan LA. Polisi juga menahan lima sopir yang dicurigai membantu meloloskan para imigran. Namun, Kepala satuan Reserse Kriminal Polres Kendari AKP Mohammad Faruk Rozi menolak berkomentar banyak. "Kalau soal itu, saya tidak bisa memberikan keterangan, silakan hubungi Kapolres langsung. Karena masalah ini menyangkut instansi lain, sudah dulu ya," ujarnya dihubungi, Kamis (6/6/2013).

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kendari R Hendriartono saat dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan ada petugas imigrasi yang ditangkap polisi. "Iya, benar ada tiga orang petugas yang diperiksa polisi setelah sebelumnya ditangkap sekitar pukul 01.30 Wita dini hari," tutur dia, Kamis (6/6/2013).

Hendriartono pun mengatakan telah mendatangi Polres Kendari. Saat itu, ujar dia, satu petugas imigrasi terlihat tengah menjalani pemeriksaan, yaitu petugas yang membidangi pengawasan dan penindakan keimigrasian.

Imigrasi, kata Hendriartono, menyerahkan sepenuhnya kasus ini pada kepolisian. Ketiga pegawai yang ditahan kepolisian, imbuh dia, belum bisa dipastikan juga keterlibatannya dalam pelarian para imigran. Tetapi, bila terbukti terlibat, Hendriartono berjanji akan memecat mereka yang terlibat.

Sebelumnya diberitakan, tiga anggota polisi berpangkat brigadir satu ditangkap Minggu (2/6/2013). Mereka kedapatan membantu pelarian 28 imigran gelap dari penampungan.

Ketiga anggota polisi itu bertugas di Polda Sulawesi Tenggara, Polresta Kendari, dan Polres Konawe Selatan. Ketiganya telah selesai menjalani pemeriksaan di divisi profesi dan pengamanan Polda Sulawesi Tenggara dan kini masih menjalani pemeriksaan di bagian reserse dan kriminal umum Polda Sulawesi Tenggara. Penangkapan petugas imigrasi dan lima sopir merupakan pengembangan dari penangkapan ketiga polisi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com