Jumat, 1 Agustus 2014

News / Regional

Eka Santosa Ditunjuk Jadi Ketua Nasdem Jabar

Selasa, 28 Mei 2013 | 21:33 WIB

Berita terkait

BANDUNG, KOMPAS.com - Pasca-mundurnya Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jawa Barat Rustam Efendi pada 21 Janurai 2013 lalu, kini, Partai Nasdem Jawa Barat sudah memiliki pimpinan baru, yakni Eka Santosa.

Dipilih dan ditetapkannya Eka sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jabar ditunjuk langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh pada Sabtu (25/5/2013) di Hotel Harris, Bandung. Pelantikan Eka digelar sekaligus peresmian kepengurusan Partai Nasdem Jabar periode 2014  2018 dan daftar calon anggota DPRD Provinsi Jabar dan DPR RI untuk Pemilu 2014.

Eka Santosa sebelumnya adalah mantan Ketua DPRD Jabar, pimpinan Komisi II DPR  RI 2004 -2009 dari Fraksi PDI-Perjuangan, sekjen Dewan Kasepuhan Masyarakat Adat Tatar Sunda dan ketua Forum DAS Citarum.

"Saya ditunjuk langsung oleh pak Surya Paloh. Saya mengucapkan terima kasih kepada beliau dan para kader Nasdem di tanah air, khususnya di Jabar. Saya dipercaya, mudah-mudahan dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya," ucap Eka saat ditemui di kantor DPW Nasdem di Jalan Cipaganti, Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/5/2013).

Menurut Eka, program yang akan diterapkan dalam kepengurusan yang baru ini adalah memberlakukan formasi 17, 8, 45. Angka 17 memiliki arti menunjukkan unsur ketua dan wakil. Angka 8 simbol jajaran sekretaris, wakil sekretaris dan bendahara. Sedangkan angka 45 adalah formasi ketua  ketua biro dan para anggotanya.

Lanjut Eka, Partai Nasdem memiliki jargon "Restorasi untuk Perubahan". Agenda restorasi perubahan ini, kata dia, sangat esensial dan menjadi kebutuhan di tengah kondisi bangsa seperti sekarang ini yang sangat jauh dari apa yang dicita-citakan, baik dari segi politik, ekonomi dan sosial budaya. Lanjutnya, restorasi dipandang menjadi sebuah alternatif yang akan menjadi penyejuk untuk mengembalikan cita-cita proklamasi itu.

"Artinya, ini sebagai wujud dari apa yang menjadi sebuah komitmen Nasdem. Nasdem tidak basa-basi. Jiwa raga dan pikirannya berada dalam semangat 17 Agustus 1945. Kita bertekad mengangkat kembali derajat bangsa ini," tandasnya.

"Nasdem secara nasional dan Jawa Barat tidak terpisahkan. Ada misi besar tentang gerakan perubahan restorasi itu. Kita punya tema Jabar untuk Indonensia, begitu juga sebaliknya, Indonesia untuk Jabar. Dan semangat untuk menggapai cita-cita tersebut ada di kubu Partai Nasdem ini," tandas Eka.

 


Penulis: Kontributor Bandung, Rio Kuswandi
Editor : Farid Assifa