Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastor Relawan Pengungsi Palue Diancam

Kompas.com - 25/05/2013, 17:29 WIB
Kornelis Kewa Ama Khayam

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Pastor Vande Raring SVD, relawan pengungsi Rokatenda, Palue, Maumere, Pulau Flores, NTT, diancam orang tak dikenal. Kelompok pria dewasa itu mendatangi kompleks penginapan pengungsi di Maumere, hendak membunuh pastor tetapi pastor Vande tidak ada di tempat.

Rombongan pria dewasa itu menggunakan dua unit mobil kijang. Mereka berteriak teriak mencari pastor, yang selama ini mendampingi para pengungsi setempat.

Anas (32) salah satu pengungsi di Transito Maumere, Sabtu (25/5/2013), mengatakan, lima pria dewasa pada Rabu (22/5/2013) pukul 23.00 wita mendatangi transito. "Mereka langsung beteriak, mana Vande Raring," ujarnya, menirukan salah seorang pria berbadan gempal yang mencari pastor.

Pria itu pun melarang kaum perempuan pengungsi di transito mendatangi sejumlah instansi pemerintah, seperti Kantor Badan Penanggulangan Bencana, dinas sosial dan kantor bupati, untuk meminta bantuan.

Setelah meluapkan kemarahan sekitar 10 menit di lokasi pengungsian transito, mereka meninggalkan tempat itu, sambil meminta kepada para pengungsi agar tidak mempercayai lagi berbagai aktivitas yang dilakukan Pastor Vande di lokasi pengungsian.

Pastor Vande Raring sejak kehadiran pengungsi Rokatenda, terus membantu sekitar 900 pengungsi di Maumere. Dia mengumpulkan bahan makanan dari desa-desa berupa jagung, singkong, pisang, dan kelapa, untuk pengungsi. Dia juga memimpin aksi demo pengungsi terhadap instansi pemerintah setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com