Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Kerabak Kecil di Sumbar Jadi Kawasan Konservasi Penyu

Kompas.com - 04/05/2013, 14:55 WIB

PAINAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mengelola Pulau Kerabak Kecil yang terletak di perairan laut kabupaten itu sebagai kawasan konservasi penyu.

"Ada tiga pulau kecil di perairan laut kabupaten ini yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi Penyu. Ketiga pulau itu yakni Kerabak Kecil, Kerabak Besar dan Pulau Penyu, " ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pesisir Selatan Edwil Noer di Painan, Sabtu.

Program tersebut merupakan upaya pemerintah kabupaten (pemkab) dalam melestarikan penyu.
Ketiga pulau kecil itu telah dilakukan pembebasan kepemilikannya dari perorangan dan masyarakat oleh pemkab setempat. Khusus Pulau Kerabak Kecil yang terletak di Kecamatan Sutera dijadikan sebagai tempat penangkaran tiga jenis penyu yakni penyu hijau, belimbing dan sisik.

Pulau Kerabak Kecil juga dijadikan sebagai tempat pendaratan penyu untuk bertelur, telur-telur tersebut akan diambil oleh pemkab untuk dijadikan bibit penyu unggul.

"Jumlah penyu di pulau tersebut masih banyak untuk menghasilkan telur, namun demikian kita tetap menjaga agar penyu-penyu itu masih tetap bertahan dan hidup di sana, " kata dia.

Sedangkan telur yang berasal dari penyu yang mendarat di dua pulau lainnya (Kerabak Besar dan Penyu) juga tidak semuanya diambil untuk konsumsi, sebagiannya disisihkan guna ditetaskan menjadi bibit atau tukik (anak penyu) berkualitas.

Tiga pulau tersebut juga dimanfaatkan sebagai tempat penetasan dan penangkaran penyu hasil penetasan dari telur-telur yang disisihkan di tiga pulau itu hingga menjadi tukik.

Selama di penangkaran, tukik tersebut akan diperlakukan istimewa oleh petugas dengan pemeliharaan yang baik. Dalam waktu yang telah ditentukan, anak-anak penyu itu dilepas kembali ke laut dengan harapan menghasilkan telur dan bibit penyu yang berkualitas.

Ia mengatakan, selama ini keberadaan populasi penyu itu masih dikhawatirkan keselamatannya, bahkan terancam punah karena sulit berkembang.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pantai kabupaten itu, mencari telur penyu merupakan salah satu penghasilan tambahan, meski belum sebagai mata pencarian dalam menghidupi keluarganya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com