Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk Landa Sultra

Kompas.com - 30/04/2013, 03:12 WIB

KENDARI, KOMPAS - Cuaca buruk melanda perairan di sekitar Sulawesi Tenggara. Tinggi gelombang di kawasan itu berkisar 2-3 meter. Sebagian nelayan pun memilih berhenti melaut sebab khawatir mengalami kecelakaan dan minim tangkapan.

Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (29/4), mengeluarkan peringatan adanya cuaca buruk untuk wilayah perairan Bau-Bau, Wakatobi, Menui Kendari, dan Laut Banda timur Sultra. Selain Sultra, perairan lain di kawasan timur Indonesia juga dilanda gelombang tinggi, antara lain Laut Seram, perairan selatan Ambon, Laut Banda, perairan Kepulauan Aru, hingga Laut Arafuru (Maluku). Tinggi gelombang di daerah itu bisa mencapai 3 meter.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Aris Yunatas, mengatakan, kondisi itu terjadi akibat perbedaan tekanan udara di perairan sehingga angin permukaan laut kencang. Kondisi itu memicu gelombang tinggi di laut.

Dari data periode 2008-2011 diperkirakan tren itu berlanjut hingga memuncak pada periode Juni-Agustus nanti. Pada saat itu, tinggi gelombang laut bisa mencapai 6 meter. Kodisi itu juga disertai hujan di perairan.

Dari pantauan di Teluk Kendari, kapal nelayan ukuran besar dan kecil terlihat berlabuh. Seorang nelayan, Jamal (40), mengaku seminggu terakhir ini cuaca buruk melanda sekitar pesisir timur dan tenggara Sultra, tempatnya mencari ikan. Ia berhenti melaut sambil menunggu kondisi kembali normal. (eng)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com