Sabtu, 29 November 2014

News / Regional

29 April, MK Putuskan Sengketa Pilkada Palopo

Rabu, 24 April 2013 | 15:45 WIB

PALOPO, KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi akan menetapkan putusan dalam sidang gugatan Pemilihan Wali Kota Palopo, Sulawesi Selatan, pada Senin (29/4/2013). Hal ini diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo, Maksum Runi, Rabu (24/4/2013).

Maksum menegaskan, dengan lahirnya keputusan MK nanti, maka berakhir pula seluruh tahapan pemilu di Palopo. "Setelah adanya putusan dari MK, maka KPU Palopo sisa mengelar pelantikan Wali kota dan Wakil Wali kota Palopo yang terpilih pada 5 Juli mendatang," ungkap Maksum kepada wartawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, kandidat wali kota nomor 5 pasangan Haidir Basir-Thamrin Jifri, melayangkan gugatan ke MK karena keberatan dengan hasil pleno KPU yang menetapkan pasangan Judas Amir-Ahmad Syaifuddin sebagai pemenang.

Gugatan ini dilakukan karena tim Haidir - Thamrin (HATI) menemukan banyaknya kecurangan saat berlangsungnya proses pilkada setempat. Kecurangan tersebut di antaranya dugaan pengelembungan suara, politik uang dan keterlibatan aparat pemerintahan.

Dugaan kecurangan itu pula yang memicu protes yang berujung kepada aksi pembakaran beberapa gedung pemerintah di Palopo.


Penulis: Kontributor Tana Luwu, Husain
Editor : Glori K. Wadrianto