Selasa, 25 November 2014

News / Regional

Bupati Kendal Jadi Srikandi di TMII

Sabtu, 20 April 2013 | 16:11 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal, Jawa Tengah, Widya Kandi Susanti, akan memerankan tokoh Srikandi dalam Parade Budaya Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (21/4/2013).

Widya mengatakan, dia memilih lakon Srikandi, karena menggambarkan peranan wanita dalam persamaan gender dan penonjolan peran wanita sekaligus memperingati Hari Kartini. Widya mengaku sangat senang dan bangga bisa tampil dalam Parade Budaya Nusantara di TMII, yang diikuti 20 provinsi di Indonesia

"Saya menjadi Srikandi dan naik kereta kencana yang dimiliki oleh Pemkab Kendal," akunya.

Widya menjelaskan, Parade Budaya Nusantara ini adalah salah satu sarana untuk memperkenalkan budaya yang dimiliki setiap provinsi. Menurut Widya, Jawa Tengah menampilkan kesenian wayang orang, yang merupakan ikon budaya provinsi itu. "Ini salah satu pelestarian budaya asli Indonesia," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kendal, Agus Rifai menjelaskan, ini merupakan kali keempat tim kesenian Kabupaten Kendal mewakili Jawa Tengah.

"Sebelumnya, pada tahun 2002, 2005 dan 2009, kami sudah pernah mewakili Jawa Tengah dalam Parade Budaya Nusantara. Tahun 2005 dan 2009, masuk dalam lima besar. Saya harap tahun ini, akan lebih baik," kata Agus Rifai.


Penulis: Kontributor Kendal, Slamet Priyatin
Editor : Kistyarini