Senin, 22 Desember 2014

News / Regional

Ponsel dan Tas Peserta UN di Majene Digeledah

Kamis, 18 April 2013 | 14:40 WIB

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan yang sederajat di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, berlangsung dengan pengawasan ketat aparat kepolisian dan pengawas ruangan, Kamis (18/4/2013).

Setiap peserta diperiksa untuk memastikan dia tidak bisa melakukan kecurangan. Pengawas menggeledah tas peserta, kemudian peserta diminta memasukkan ponsel dan buku ke dalam tas masing-masing. Tas itu kemudian dititipkan di bagian depan kelas.

Pengawasan ketat itu dilakukan untuk meminimalkan peluang kecurangan. Misalnya, siswa mendapat bocoran soal dan jawaban, mengingat siswa di sebagian besar provinsi di Indonesia sudah melaksanakan UN.

Hingga pelaksanaan UN hari ini rampung, tidak ditemukan adanya indikasi kecurangan, seperti peredaran kunci jawaban melalui pesan singkat (SMS) atau catatan yang dibawa siswa ke dalam kelas.

Di Kabupaten Majene, jumlah peserta UN mencapai lebih dari 3.000 siswa. Berbagai persoalan seperti kekurangan naskah soal diatasi dengan cara memfotokopi soal atau mengambil kelebihan naskah dari sekolah lain.


Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : Kistyarini