Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bahasa Inggris Dibagikan saat UN Bahasa Indonesia

Kompas.com - 15/04/2013, 15:08 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA hari pertama di Surabaya diwarnai kekeliruan teknis pembagian soal, Senin (15/4/2013). Materi soal Bahasa Inggris yang harusnya dibagikan Selasa (16/4/2013) besok, ternyata dibagikan hari ini.

Peserta sempat kaget karena hari ini harusnya materi soal Bahasa Indonesia. Kekeliruan teknis distribusi itu terjadi hanya di SMA 17 Agustus. Untungnya pihak pengawas independen dan kepolisian segera mengambil soal dan mengembalikannya ke Polsek Sukolilo Surabaya. Kekeliruan soal itu sempat menghambat pelaksanaan UN selama satu jam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Ikhsan membenarkan jika ada kesalahan teknis pengambilan soal di sub rayon. ''Namun sudah bisa diatasi dan berjalan normal. Itu hanya kekeliruan pengambilan soal di sub rayon saja,'' katanya dikonfirmasi, Senin siang.

Ikhsan juga menjamin tidak akan ada kebocoran materi UN Bahasa Inggris meskipun sempat keliru dalam pendistribusiannya. Jumlah soal yang salah distribusi itu mencapai 83 lembar soal, yang terbungkus dalam lima bundel amplop. ''Saya jamin tidak akan ada kebocoran soal Bahasa Inggris,'' tegas Ihsan.

UN tingkat SMA di Surabaya diikuti oleh 37.335 siswa. Pemerintah Kota Surabaya mengaku sudah menyiapkan segala persiapan teknis maupun non teknis untuk kelancaran UN besok.

Pemkot Surabaya juga telah menyiapkan tim pendamping khusu bagi peserta yang mengalami kendala dalam pelaksanaan UN seperti sedang sakit atau peserta yang kebetulan berurusan dengan hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com