Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Dinas Kehutanan Jateng Bantah Kampanyekan Bibit Waluyo

Kompas.com - 14/04/2013, 21:19 WIB
Kontributor Demak, Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah Oman Djuharna membantah telah melakukan mobilisasi massa dengan menggunakan mesin birokrasi untuk mengampanyekan salah satu kandidat gubernur Jawa Tengah.

Karena tudingan itu, Oman dipanggil dan diperiksa oleh Badan Pengawas Pemilu. Mobilisasi massa itu diduga dilakukan pada saat acara panen Kebun Bibit Sekolah (KBS) dan Kebun Bibit Tentara (KBT) di Desa Kejajar, Dieng, Wonosobo, pada 24 Maret 2013.

"Tuduhan Bawaslu bahwa saya mengampanyekan Pak Bibit, itu salah alamat. Jangan dihubungkan panen bibit dengan Pak Bibit. Kebun Bibit Sekolah dan Kebun Bibit Tentara adalah program nasional sebelum Pak Bibit menjabat Gubernur Jawa Tengah," kata Oman Djuharna dalam siaran persnya di Demak, Minggu (14/4/2013).

Ia menegaskan bahwa tudingan gubernur mendompleng acara tersebut tidaklah benar sebab acara tersebut adalah kegiatan panen bibit di Dieng, Wonosobo, dan murni bersifat kedinasan dalam rangka kunjungan kerja Menteri Koordinator Perekonomian RI dan Menteri Kehutanan RI. Secara protokoler, kunjungan menteri ke daerah harus didampingi oleh gubernur selaku tuan rumah. Untuk itu, Oman menyatakan bahwa Bibit Waluyo selaku Gubernur Jawa Tengah sudah selayaknya menerima kehadiran para menteri di wilayahnya.

Perlu diketahui bahwa Kebun Bibit Sekolah dan Kebun Bibit Tentara merupakan program dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia untuk melestarikan hutan dalam upaya menciptakan keseimbangan ekosistem dan menanggulangi berbagai bencana akibat penjarahan hutan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga memiliki program serupa, yaitu Hutanku Lestari Rakyatku Mukti.

"Saat acara itu berlangsung, belum ada penetapan calon gubernur dan wakil gubernur, apalagi agenda kampanye," kata Oman. Menurut Oman, acara KBT dan KBS murni program Kementerian Kehutanan RI dan tidak ada hubunganya dengan pemilihan gubernur Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com