Sabtu, 20 Desember 2014

News / Regional

Belum Ada Laporan Korban dan Kerusakan akibat Gempa Papua

Sabtu, 6 April 2013 | 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan belum ada laporan mengenai korban dan kerusakan akibat gempa 7,2 skala Richter yang mengguncang Papua, Sabtu (6/4/2013), pukul 11.42 WIB.

"Berdasarkan laporan sementara dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Papua, pusat gempa terletak di distrik Tayese. Namun, hingga saat ini belum ada laporan korban dan kerusakan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Sabtu.
Dia mengatakan, posko BNPB masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD Papua terkait gempa 7,2 SR tersebut.

"Di Kota Karubaga yang merupakan ibu kota Kabupaten Tolikara, masyarakat memang merasakan gempa, tetapi tidak ada korban jiwa dan kerusakan karena rumah penduduk sebagian besar terbuat dari setengah tembok dan setengah papan," kata Sutopo.

Gempa itu juga dirasakan di Yapen, Jayapura, dan Timika. Sementara ini tidak ada korban dan kerusakan di daerah tersebut. Selanjutnya, BPBD Papua sedang menunggu laporan dari Kabupaten Mamberamo.

"Saat ini BPBD Papua terus berkoordinasi dengan instansi terkait. BNPB dan BPBD Papua terus melakukan pemantauan dan pendataan," ujarnya.

Kepala BNPB Syamsul Maarif telah melaporkan gempa di Tolikara, Papua, itu kepada Presiden dan Wakil Presiden.

Sutopo menjelaskan, berdasarkan analisis peta guncangan gempa (shakemap), guncangan gempa dirasakan dengan skala kuat di Tolikara, skala sedang di Mulia, dan skala ringan di Tanah Merah, Sentani, Wamena, Jayapura, dan Sarmi.

"Di daerah Tolikara dan sekitarnya memang bahaya gempa bumi tinggi. Kejadian gempa pernah terjadi di sekitar tempat tersebut, yaitu pada 1926 dengan kekuatan 7,9 SR dan pada 1971 dengan kekuatan 8,1 SR," ungkapnya.

Sebelumnya, telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,2 SR di Papua pada Sabtu (6/4/2013) pukul 11.42 WIB. Pusat gempa itu berada di 3,20 derajat Lintang Selatan dan 138,75 derajat Bujur Timur.
Sementara itu, lokasi gempa tersebut berada 56 kilometer timur laut dari Kabupaten Tolikara, Papua, atau 92 kilometer timur laut dari Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Sejauh ini, BNPB dan BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.


Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber: