Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.500 Pendaki akan Bersihkan Gunung Slamet

Kompas.com - 03/03/2013, 13:57 WIB

PEMALANG, KOMPAS.com — Sekira 1.500 pendaki berasal dari sejumlah daerah akan melakukan kegiatan "Bersih Gunung" di Gunung Slamet yang berada di perbatasan wilayah Pemalang-Tegal-Purwokerto.

Petugas Pendakian Jalur Bambangan Gunung Slamet, Sugeng Riyadi, di Pemalang, Minggu (3/3/2013) mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar pada pertengahan Maret 2013. "Meski kondisi cuaca di sekitar Gunung Slamet masih sering turun hujan lebat, acara tersebut masih tetap dilaksanakan sekitar 13-16 Maret mendatang," katanya.

Menurut Sugeng, para pendaki yang berasal dari Jakarta dan Surabaya telah memastikan acara "Bersih Gunung" itu. Acara tersebut bertujuan memberikan kesadaran pada setiap pendaki yang melakukan aktivitas pendakian ke Gunung Slamet agar sadar terhadap kebersihan lingkungan dan tidak meninggalkan sampah di gunung.

Sugeng mengingatkan, para pendaki selalu tetap waspada saat melakukan pendakian ke Gunung Slamet karena kondisi cuaca di sekitar gunung terkadang masih terjadi hujan deras yang disertai badai. "Sementara ini, jalur pendakian ke Gunung Slamet masih cukup aman. Akan tetapi, kami meminta para pendaki tetap waspada sebagai upaya mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," kata Sugeng.

Sugeng mengatakan, untuk melakukan pendakian, petugas akan memberikan beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh para pendaki, seperti tidak melakukan pendakian ke arah puncak gunung di atas pukul 12.00 WIB. "Akan tetapi, meski kondisi cuaca masih sering turun hujan deras, hal itu tidak menyurutkan niat para pendaki menuju arah puncak Gunung Slamet. Selama sepekan terakhir ini, jumlah pendaki bisa mencapai 50-70 orang," kata Sugeng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com