Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tasikmalaya Hening Satu Menit

Kompas.com - 03/02/2013, 16:21 WIB

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Selama satu menit, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, hening tanpa aktivitas di sejumlah tempat keramaian, Minggu (3/2/2013) pagi. Keheningan dimulai seusai sirene digaungkan dari Markas Komando Birgade Infantri 13 Galuh, Tasikmalaya.

"Kami harapkan warga Kota Tasikmalaya bisa sejenak heningkan diri, sambil berdoa untuk kebaikan kita bersama," kata panitia penyelenggara, juga Kepala Polisi Resort Kota Tasikmalaya, AKBP Imam Iman Susilo. Benar, keheningan ini adalah rangkaian kegiatan doa bersama seluruh umat beragama di kota tersebut.

Markas Komando Brigade Infantri 13 Galuh, hari ini berubah menjadi pusat kegiatan 'Tasikmalaya Bershalawat Khidmat Doa Bersama'. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sebelumnya masyarakat sudah diberitahu mengenai kegiatan ini, dan diminta turut serta.

Dimulai dengan sirene, kegiatan juga disiarkan melalui televisi lokal, agar dapat serempak digelar dan diikuti masyarakat. Di jalanan, seluruh petugas polisi sudah diminta menghentikan lalu lintas selama satu menit, pada waktu yang sama dengan kegiatan. Pengguna jalan pun diajak ikut berdoa bersama.

"Kami inginkan Tasikmalaya ini hening selama satu menit," ujar Imam. Tujuannya, sebut dia, adalah untuk menjalin silaturahmi dan mewujudkan kamtibmas, sehingga mendukung pembangunan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Sekitar lima ribu orang berkumpul di pusat kegiatan. Tersebar di seluruh wilayah, hening satu menit juga digelar di 1.200 pondok pesantren dan 18 gereja di Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com