Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurnalisme Damai tentang Konflik Lampung Diterbitkan

Kompas.com - 26/01/2013, 20:27 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Buku "Merajut Jurnalisme Damai di Lampung" yang berkisah mengenai konflik komunal di Lampung Selatan telah diterbitkan Aliansi Jurnalis Independen Bandar Lampung.

Buku yang diterbitkan penerbit independen Indepth Publishing ini merupakan antologi tulisan karya para jurnalis, akademisi, dan budayawan mengenai serangkaian konflik di Lampung, khususnya Way Panji, Lamsel. "Buku yang dirancang sejak Desember 2012 lalu ini merupakan hasil kolaborasi dari para jurnalis, akademisi, aktivis sosial maupun budayawan di Lampung. Buku ini adalah ikhitar untuk mengembangkan perspektif jurnalisme damai, khususnya di Lampung," ujar Sekretaris AJI Bandar Lampung Padli Ramdan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/1/2013).

Sementara itu, Managing Director Indepth Publishing Tri Purna Jaya mengatakan, buku itu merupakan kontribusi Indepth sebagai penerbit untuk mendukung berbagai upaya pembangunan perdamaian di Lampung. "Seluruh hasil penjualan buku ini akan kami sumbangkan pada usaha-usaha pengembangan perdamaian di Lampung Selatan," ujar Tri.

Seperti diketahui, sepanjang 2012 lalu terjadi serangkaian kerusuhan yang dipicu konflik antar-warga di Lampung. Konflik itu menjalar mulai dari Mesuji, Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah, dan puncaknya Lampung Selatan. Belasan orang tewas dan ribuan rumah rusak dalam rangkaian konflik itu.

Buku ini juga menyisipkan upaya tentang analisa dan pentingnya mitigasi konflik. AJI Bandar Lampung dan Indepth Publishing akan meluncurkan buku setebal 222 halaman ini di Bandar Lampung dalam waktu dekat dan dijual Rp 50.000 per buku. Publik bisa mendapatkannya di Sekretariat AJI Bandar Lampung, Toko Buku Fajar Agung, Maupun melalui pemesanan online dengan mengunjungi situs Indepth Publishing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com