Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Maulud Nabi, Suramadu Padat

Kompas.com - 24/01/2013, 15:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com -- Arus lalu lintas jembatan Tol Surabaya-Madura (Suramadu) mulai padat pada hari libur memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peningkatan volume kendaraan terjadi pada roda dua.

Kepala Jasa Marga Suramadu, Haryono saat dikonfirmasi menjelaskan, puncak arus liburan di jembatan Tol Suramadu tepatnya terjadi pada Rabu (23/1/2013) kemarin.

''Saat itu jumlah kendaraan yang melintas mencapai 50 ribu ke arah Madura. Meningkat 55 persen dari hari biasa,'' katanya, Kamis (24/1/2013).

Dari jumlah itu, hampir 90 persen didominasi oleh kendaraan roda dua. Karena sebagian mereka adalah warga Surabaya yang hidup di Surabaya dan sekitarnya, seperti Sidoarjo dan Gresik.

''Mudik saat hari Maulud Nabi sudah tradisi bagi masyarakat Madura selain hari raya Idul Fitri dan Idul Adha,'' terangnya.

Saat volume pengguna roda dua naik, pihaknya memberlakukan penambahan loket tiket untuk roda dua menjadi 3 hingga 4 loket dengan mengurangi loket roda empat. Hal itu untuk mengurangi penumpukan kendaraan akibat antrean roda dua.

Karena hari libur kali ini termasuk libur panjang (long weekand), pihaknya memperkirakan puncak arus balik melalui Suramadu terjadi pada Minggu (27/1/2013) mendatang. Diperkirakan saat itu kendaraan tidak terlalu padat, karena sebagian mereka memilih balik 2 atau 3 hari lebih awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com