Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Gempa di Aceh Lebih dari Rp 36 Miliar

Kompas.com - 24/01/2013, 13:38 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Pidie, Aceh, mengatakan bahwa kerugian materi dan nonmateri akibat gempa tektonik yang mengguncang Aceh pada Selasa lalu diperkirakan mencapai Rp 36 miliar.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pidie juga menetapkan masa tanggap darurat bencana pascagempa untuk kawasan yang terkena dampak gempa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tangse, Kecamatan Mane, dan Kecamatan Geumpang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Apriadi mengatakan, Pemkab Pidie menetapkan masa tanggap darurat bencana selama tujuh hari, dari Rabu (23/1/2013) hingga 28 Januari mendatang. Pada masa tanggap darurat ini, sebut Apriadi, pemerintah akan berfokus pada pembangunan hunian sementara, pelayanan kesehatan, dan penyaluran bantuan makanan.

"Jadi, selama masa tanggap darurat itu, kita akan fokus untuk memperbaiki rumah-rumah warga yang rusak, selain itu juga menyalurkan semua kebutuhan logistik kepada warga korban bencana," kata Apriadi, Kamis (24/1/2013).

Tim penanggulangan bencana juga menetapkan untuk membuat titik pengungsian bagi warga Kecamatan Mane karena belum adanya aliran listrik ke desa-desa di kawasan tersebut. Sebanyak 193 warga akan menempati tenda-tenda yang dibangun di tiga titik untuk tempat tinggal sementara ini.

"Jadi, akibat gempa ini, sampai sekarang desa-desa di Mane masih terputus aliran listriknya sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk berdiam di bekas-bekas reruntuhan rumah. Selain itu, sebagian rumah memang hancur total. Warga pun masih trauma akibat gempa susulan yang masih dirasakan walau intensitasnya sudah berkurang," sebut Apriadi.

Berikut data kerusakan akibat gempa darat 6,0 SR dan 5,1 SR yang melanda Aceh, Selasa (22/1/2013). Korban meninggal  (1 orang), korban luka (15 orang),  rumah rusak berat (84 unit), rumah rusak ringan (142 unit), sarana publik dan pemerintahan (12 unit), sarana ibadah (17 unit), dan fasilitas pendidikan (20 unit).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com