Sabtu, 19 April 2014

News / Regional

Januari-Februari, Puncak Hujan di Yogya

Sabtu, 12 Januari 2013 | 20:03 WIB

Baca juga

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan di wilayah Yogyajarta diperkirakan akan mencapai puncaknya di bulan Januari dan Februari 2013 ini. Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Toni Agus Wijaya mengatakan, volume curah hujan di Yogyakarta akan meningkat dan mencapai puncaknya pada bulan Januari sampai dengan Februari.

"Curah akan melebihi 150 milimeter per hari dengan kecepatan angin sekitar 30-40 kilometer per jam. Peningkatan ini akan sampai puncaknya pada pertengahan bulan Januari-Februari," terangnya, Sabtu (12/1/2013).

Toni menjelaskan, tingginya kapasitas curah hujan disertai angin dengan kecepatan mencapai 30-40 km/jam ini harus diwaspadai oleh masyarakat. " Di sekitar rumah warga yang ada pohon dengan ranting-ranting yang berpotensi roboh harus dipangkas untuk mengantisipasi angin kencang," ungkapnya.

Selain itu, Toni juga mengharapkan agar warga di bantaran sungai meningkatkan kewaspadaannya terkait bahaya banjir yang berpotensi datang jika curah hujan cukup deras.

Di tempat berbeda, Komandan SAR DIY Brotoseno menjelaskan, pihaknya sudah mempersiapkan anggotanya untuk mengantisipasi bencana akibat cuaca buruk termasuk meningkatnya curah hujan disertai angin kencang.

"Setiap saat dan setiap waktu kita siap. Anggota dan perlengkapan selalu kita siagakan," pungkasnya.


Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor : Hindra