Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

Perikanan

Lamongan Penghasil Ikan Terbesar di Jawa Timur

Selasa, 18 Desember 2012 | 21:29 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com-  Lamongan dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Jawa Timur, namun produksi yang besar itu tidak serta merta menunjukkan peningkatan kesejahteraan nelayan. Ikan yang dihasilkan sebagian besar dijual begitu saja tidak ada nilai tambah dan kualitas produksi olahan kurang.     

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kelautan Kabupaten Lamongan, Arif Soedjanarta, Selasa (18/12/2012)  menyatakan masyarakat nelayan diminta memberi nilai tambah pada ikan melalui Klinik Iptek Mina Bisnis (Kimbis) di Desa Weru Komplek, Kecamatan Paciran.

Selama ini Desa Weru dikenal sebagai salah satu sentra industri pengolahan produk perikanan skala rumah tangga.     

"Sebenarnya selama ini masyarakat Desa Weru sudah banyak menghasilkan produk olahan dari ikan laut. Namun produk-produk itu masih berkualitas rendah karena menggunakan bahan baku yang kurang baik, proses produksi yang masih sederhana dan kurang higienis. Pasarnya masih terbatas lokal saja dan tanpa memiliki branding merek yang jelas, " ujar Arif.

Keberadaan Kimbis menjadi sangat penting untuk nelayan. Lembaga bentukan Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan itu hanya ada 11 di Indonesia, satu diantaranya di Lamongan sebagai  daerah yang sudah ditetapkan sebagai kawasan minapolitan perikanan tangkap dan budi daya.     

Kimbis akan memberikan pelatihan produk bekualitas dan higienis, seperti pembuatan produk hasil perikanan berupa abon ikan, otak-otak, krupuk ikan, tik-tik ikan dan krispi ikan.

Kimbis akan memberikan fasilitas pengurusan sertifikasi izin pangan industri rumah tangga untuk meningkatkan daya saing produk. "Masyakat juga diarahkan untuk meningkatkan kapasitas manajerial dan bisnis kelompok agar bisa lebih komersial, "  kata Arif.     

Ia menyebutkan, total produksi ikan Lamonganpada 2011 mencapai 107.919,17 ton terdir dari 68.302,08 ton perikanan tangkap laut, 36.625,31 ton dari perikanan budidaya dan 2.991,78 ton dari perairan umum.

Produksi tahun 2011 naik dari produksi tahun 2010 yakni 98.520,62 ton. Lamongan memiliki panjang garis pantai 47 kilometer, jumlah tenaga kerja di bidang perikanan tangkap mencapai 95.059 orang dan pembudidaya mencapai 159.440 orang. Armada perahu mencapai 7.527 unit terdiri dari 5.199 unit kapal bermotor dan 2.408 unit perahu tempel.

 


Penulis: Adi Sucipto
Editor : Tjahja Gunawan Diredja