Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengejar Tanggal Cantik 12-12-12

Kompas.com - 13/12/2012, 08:57 WIB
Sri Rejeki

Penulis

KOMPAS.com — Film-film bertema kiamat yang marak dua tahun terakhir ini, ditambah penanggalan bangsa Maya yang disebutkan berakhir siklusnya pada 21 Desember 2012, berujung pada lahirnya ramalan bahwa bulan Desember 2012, khususnya tanggal 21, 23, atau 24, akan menjadi waktu kiamat dunia.

Namun, otak-atik angka justru menghasilkan tanggal unik yang muncul di bulan Desember 2012 ini, yakni 12-12-2012 dan 20-12-2012.

Pada tanggal yang dipandang "cantik" ini, orang kemudian berupaya mengabadikannya sebagai momentum khusus dalam kehidupan mereka. Jadilah, orang yang akan menikah, melahirkan, atau meluncurkan bisnisnya memilih tanggal-tanggal ini, selain unik, mudah diingat, juga langka karena tidak mungkin terulang.

Pada hari Rabu (12/12/2012) kemarin, di Kota Solo sedikitnya ada 23 pasangan yang menikah, seperti catatan Kantor Kementerian Agama Kota Solo yang dirangkum dari lima Kantor Urusan Agama (KUA).

Padahal, menurut Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kantor Kemenag Kota Solo Musta'in Achmad, pada hari biasa rata-rata hanya 10 pasangan yang menikah. Paling banyak pada hari Sabtu, Minggu, atau tanggal merah, itupun maksimal 15 pasang.

Pihaknya menerjunkan semua petugas, yakni delapan penghulu dan lima kepala KUA untuk menikahkan ke-23 pasangan tersebut sejak pagi hingga sore hari.  

"Agaknya memang sengaja memilih tanggal ini karena barangkali dipandang unik. Mungkin ini akan terulang lagi pada tanggal 20 Desember mendatang," kata Musta'in.  

Begitu pula dengan kelahiran bayi di tanggal 12 Desember ini. Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Solo tercatat ada 11 bayi dilahirkan melalui operasi caesar dan tiga lewat persalinan normal. Pada hari biasa, rata-rata 3-5 persalinan, baik lewat persalinan normal maupun bedah caesar.

"Dokter biasanya memberi rentang waktu bersalin kepada pasien yang disarankan melahirkan lewat operasi caesar. Bisa jadi, memang ada yang sengaja memilih tanggal ini," kata perwakilan Humas RS PKU Muhammadiyah, Solo, Betty Andriani.

Kantor Pos Solo juga memilih tanggal 12 Desember 2012 sebagai waktu peluncuran loket ekstension di Solo Grand Mall. Tepat pukul 12.00 WIB, dilakukan pengecapan 12121212 yang berarti tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 jam 12.00.

Kepala Kantor Pos Solo Ach Chaerul Hadi mengatakan, pihaknya sengaja mengambil tanggal ini karena dirasa sebagai momentum istimewa, terutama bagi filatelis atau kolektor benda pos.

Salah satu filatelis, Gustama Amanusa (13), sengaja datang seusai mengikuti ujian semester di sekolahnya. Ia kemudian membeli satu set kartu pos dan perangko yang telah dicap 12121212.  

Komunitas Red Batik, Solo, juga memilih tanggal yang sama untuk memamerkan 20 kostum terbarunya karya 20 perancang. Kostum-kostum karnaval ini terbuat dari material yang dibeli dari pasar tradisional dan bertemakan wayang.

Resto Bali pun memilih tanggal 12 Desember 2012 untuk peluncuran gerainya di Solo Paragon Mall.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com