Jumat, 18 April 2014

News / Megapolitan

JK Berharap 2013 Unit Donor Darah Bisa Beroperasi di Jakut

Minggu, 2 Desember 2012 | 11:10 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla berpesan agar Unit Donor Darah (UDD) yang ada di Jakarta Utara bisa beroperasi melayani penyediaan stok darah untuk wilayah Jakarta Utara pada 2013. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua Palang Merah Jakarta Utara, Sabri Saiman, ketika Jusuf Kalla menghadiri acara "Relawan Sebagai Agen Perubahan" di UDD PMI, Plumpang Semper, Jakarta Utara pagi tadi.

"Beliau (JK) berpesan agar unit donor darah harus segera dibangun di Jakarta Utara. Jadi nanti merupakan suatu satu kesatuan yang utuh, mulai dari donor, mengambil darah, memproses dan mendistribusikan darah sampai ke rumah sakit," kata Sabri, saat ditemui Kompas.com, di kantornya, Minggu (2/12/2012).

Jusuf Kalla hadir sekitar pukul 06.30 WIB, dalam acara yang juga memperingati hari ulang tahun relawan nasional dan Internasional, dimana PMI merupakan salah satu komponen pendukungnya.

Menurut Sabri, JK berharap idealnya pada 2013 nanti UDD di Jakarta Utara bisa melayani secara penuh operasional penyediaan stok darah bagi wilayah Jakarta Utara sendiri. Pasalnya, saat ini untuk keperluan stok darah masih mengambil dari kantor PMI yang ada di Jakarta Pusat.

"Idealnya, memang diharapkan seperti itu. Kita sudah merintis lab-nya cuma belum jalan. Diharapkan Januari 2013 bisa beroperasi penuh semua fungsi UDD di Jakarta Utara saja. Kita menunggu secara fungsional dan peralatannya, karena ada yang harganya mahal-mahal," jelas Sabri.

Selain itu, Sabri menuturkan JK juga berpesan agar seluruh relawan dan struktur PMI selalu menjaga eksistensi mereka dalaim masyarakat. Pada acara yang sama juga dilangsungkan Fun Bike dan peduli donor darah yang dihadiri masyarakat.


Penulis: Robertus Belarminus
Editor : A. Wisnubrata