Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Anak Balita Miskin Positif HIV/AIDS

Kompas.com - 02/12/2012, 06:57 WIB

DENPASAR, Kompas.com - Yayasan Spirit Paramacitta, lembaga swadaya masyarakat yang peduli kasus HIV/AIDS di Bali, menemukan 35 anak berusia di bawah lima tahun dari keluarga miskin positif terkena HIV/AIDS. Rendahnya kemampuan mendapatkan akses kesehatan dan informasi menjadi kendala keluarga miskin mengetahui lebih dini mengenai penyakit itu.

Yayasan Spirit Paramacitta kini bersama dengan dinas terkait di Pemerintah Provinsi Bali, termasuk Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bali, mendampingi 35 anak balita itu. Direktur Yayasan Spirit Paramacitta Putu Utami Dewi di Denpasar, Bali, Sabtu (1/12/2012), mengatakan, yayasan tetap berkomitmen membangun akses hingga ke pedesaan mengenai HIV/AIDS itu. Ia berupaya membantu pemerintah agar informasi merata dan tidak hanya terpusat di perkotaan.

"Kami menyadari pendampingan terhadap anak-anak itu tak mudah, terutama untuk psikologi anak," papar Dewi dalam peringatan Hari AIDS Sedunia di lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar.

Riset yayasan mulai tahun 2001 menemukan, orangtua yang terkena HIV/AIDS dari keluarga kurang mampu rata-rata pekerja urban. Data dari KPA Bali, pengidap AIDS tercatat 3.126 orang, sebagian besar masuk dalam usia produktif. Pengidap HIV tercatat 3.378 orang berusia produktif.

Luh De Citra, ibu rumah tangga, mengaku menerima informasi mengenai HIV/AIDS saat pertemuan ibu banjar (setara rukun warga). "Informasi penting untuk mewaspadai anak-anak saya yang mulai dewasa," katanya. (ays)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com