Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tahun, Lima Kali Pabrik Ini Terbakar

Kompas.com - 23/11/2012, 16:02 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Si jago merah kembali melalap pabrik pengolah kayu lapis PT Surya Mandiri Jaya Sakti di Desa Krincing, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (23/11/2012). Kebakaran kali ini adalah kejadian kelima yang menimpa pabrik tersebut dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Salah seorang karyawan pabrik yang enggan disebutkan namanya menceritakan, kebakaran bermula sekitar pukul 08.00 WIB dari ruang bagian mesin oven kayu di gudang pabrik. Menurut dia, api berasal dari tumpukan kayu yang sudah dikeringkan. Material kayu yang kering itu membuat api dengan cepat merembet dan melalap kayu yang ada di sekitarnya.

"Walaupun kami sudah berusaha memadamkan dengan air yang ada di tandon,  api tetap belum padam," katanya.

Beruntung kebakaran tidak berlangsung lama, empat mobil pemadam kebakaran dari Kota dan Kabupaten Magelang dan Temanggung yang dikerahkan berhasil memadamkan api sekitar pukul 09.15 WIB. Akibat kebakaran ini, puluhan meter kubik kayu olahan hangus terbakar.

Sementara itu, berdasarkan  hasil pemeriksaan petugas Kepolisian Sektor Secang, penyebab kebakaran diduga  gesekan di mesin oven. Gesekan tersebut menimbulkan percikan api yang membakar kayu di sebelahnya dan akhirnya terjadi kebakaran. "Api cepat membesar karena banyak barang yang mudah terbakar, tetapi beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak meluas dan tidak ada korban jiwa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com