Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Misterius, Satu Meninggal Puluhan Kritis

Kompas.com - 14/11/2012, 12:51 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com — Warga diresahkan dengan kemunculan penyakit misterius yang menyerang sebuah dusun di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yang telah mengakibatkan puluhan warga setempat kritis dan satu di antaranya meninggal dunia.

Penyakit yang mewabah sejak satu pekan terakhir di Dusun Cenranae, Desa Malinrung, Kecamatan Libureng, ini awalnya diduga demam berdarah (DBD) sebab ciri -ciri dan gejala yang terlihat mirip. Namun, penyakit ini tidak disertai dengan bercak merah pada kulit. Warga yang terserang mengaku demam tinggi serta pusing.

Akibat dari peristiwa ini, Sandi (9), yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru, meninggal dunia. Sementara itu, hingga Rabu (14/11/2012), masih ada tiga lain yang kritis.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Libureng mencatat, hingga saat ini, ada 33 warga yang tengah diinfus akibat penyakit yang mematikan ini. Pihak Dinas Kesehatan setempat mengakui kemunculan penyakit misterius ini dan telah melakukan upaya pencegahan.

"Memang awalnya dikira DBD dan kami telah melakukan penyemprotan (fogging), tetapi itu bukan DBD meski gejalanya sama, tetapi diakibatkan oleh virus yang sementara ini jenis penyakitnya masih diteliti oleh dokter ahli di Makassar," ujar Andi Sitti Aisya, Kepala Seksi Penanggulangan Penyakit Menular (Kasi P2M) Dinas Kesehatan Bone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com