Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaka: Figur Bung Tomo Inspiratif bagi Slank

Kompas.com - 10/11/2012, 17:49 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Kaka Slank mengaku bangga dapat mengunjungi makam pahlawan kebanggaan "Arek Suroboyo", Bung Tomo, tepat pada peringatan Hari Pahlawan di TPU Ngagel, Sabtu (10/11/2012) siang tadi. Dia mengaku, Bung Tomo adalah salah satu figur inspirasitif bagi Slank dalam menciptakan lagu yang bertemakan kebangsaan.

Menurut vokalis Slank ini, bangsa Indonesia adalah bangsa yang cukup besar. Karena itu, Slank sebagai bagian dari bangsa ini menghargai jasa para pendahulunya yang berjuang melawan penjajah seperti Bung Tomo. "Bung Tomo, menurut catatan sejarah, memiliki peran cukup besar dalam mengerahkan massa dengan pidatonya yang berapi-api, dalam membangkitkan semangat para pejuang di masa itu," katanya.

Dia berharap semangat juang Bung Tomo tetap ada di dada para pemuda saat ini meskipun itu tidak untuk berperang melawan penjajah. "Perang pemuda saat ini seperti melawan peredaran narkoba, perang melawan kemiskinan, perang melawan kebodohan, dan perang melawan pengaruh budaya negatif dari luar," ungkapnya.

Di Surabaya, Slank akan tampil bersama budayawan Sastro Al-Ngatawi pada acara "Jatim Bersholawat" di Lapangan Makodam Brawijaya, malam nanti. Besoknya, grup band yang terdiri dari Kaka (vokal), Bimbim (drum), Ivan (Bas), Abdee dan Ridho (gitar) itu akan tampil menghibur penggemarnya secara khusus dalam memperingati Hari Pahlawan.

Dalam ziarah ke makam pahlawan nasional Bung Tomo, siang tadi, tiga personel Slank yang hadir yakni Bimbim, Kaka, Ivan, didampingi pihak manajemen; Bunda Iffet ditemani Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf; putra Bung Tomo, Bambang Sulistomo; dan budayawan Sastro Al Ngatawi. Setelah membaca tahlil dan doa, rombongan ziarah kemudian menabur bunga ke makam Bung Tomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com